5 Keindahan Wisata Kampung Sunda Sumberjaya, Bukan di Majalengka, Tapi di Lampung Barat

5 Keindahan Wisata Kampung Sunda Sumberjaya, Bukan di Majalengka, Tapi di Lampung Barat

Wisata di Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat, Provinsi Lampung yang memiliki julukan Kampung Sunda.-Istimewa - Kolase-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Namanya Kecamatan Sumberjaya. Tapi daerah ini bukan di Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Kecamatan yang dijuluki Kampung Sunda ini berada di Lampung Barat, Provinsi Lampung.

Namanya memang Sumberjaya. Sama dengan Kecamatan Sumberjaya, salah satu kecamatan di Kabupaten Majalengka. 

Tapi Kecamatan Sumberjaya di Lampung Barat, Provinsi Lampung tersebut, memang erat kaitannya dengan Sumberjaya di Majalengka. 

Nama itu memang diambil dari rombongan transmigrasi di pegunungan Bukit Barisan, ketika itu. Para transmigran tersebut berasal dari Sumberjaya, Majalengka.

BACA JUGA:Letusan Gunung Merapi 1961, Lahirkan Model Transmigrasi Bedol Desa, Muncul Kampung Jawa di Tanah Sumatera

Bahasa sehari-hari juga sama. Sebagian besar masyarakatnya memang menggunakan bahasa Sunda. Sebagian lainnya ada Jawa, Lampung, Semendo dan Ogan.

Jika menghadiri pesta pernikahan di Sumberjaya Lampung Barat, banyak disuguhkan lagu-lagu berbahasa Sunda. Masyarakatnya sangat familier dengan lagu-lagu dari Jawa Barat tersebut.

Belakangan ada satu lagu Sunda yang sangat sering dinyanyikan dalam pesta perkawinan di Sumberjaya Lampung Barat. Lagu tersebut berjudul “Runtah” karya musisi asal Tatar Pasundan, Doel Sumbang. 

Bahkan, dalam acara perkawinan mayoritas lagu yang dinyanyikan berbahasa Sunda. Musisi dan penyanyi di sana pun harus memiliki stok yang banyak lagu-lagu berbahasa Sunda.

BACA JUGA:Lereng Merapi Bisa Hasilkan Rp 33 Triliun per Tahun, Bisa Jadi Tempat Belajar bagi Warga Kaki Gunung Ciremai

Yang menarik lagi, Sumberjaya di Lampung Barat alamnya cocok untuk komunitas Pasundan. Kontur dataran tinggi ala pegunungan, memiliki suhu udara yang dingin, mirip dengan di sebagian tempat di Jawa Barat.

Wajar, walau hanya sebuah kecamatan, Sumberjaya memiliki tujuan wisata yang banyak dan sangat indah. Bagi warga Majalengka, patut mengunjungi karibnya di Lampung Barat, sambil menimati indahnya alam di sana.

Setidaknya ada 5 tujuan wisata jika sedang berjalan-jalan di Sumberjaya Lampung Barat. Apa saja? 

1. Hutan Pinus 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: