Cukup Jalan Kaki Efektif Turunkan Berat Badan? Lakukan 5 Tips Berikut!

Cukup Jalan Kaki Efektif Turunkan Berat Badan? Lakukan 5 Tips Berikut!

Jalan Kaki Sebagai Olahraga yang Efektif Turunkan Berat Badan, Lakukan 5 Tips Berikut-Good Doctor-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM-  Sejumlah orang yang sedang menjalani diet, melakukan berbagai cara supaya bisa membantu menurukan berat badan. Mulai dari menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi dan olahraga.

Namun, apakah jalan kaki bisa efektif menurunkan berat badan? jalan kaki adalah salah satu jenis olahraga yang paling murah karena bisa dilakukan di mana saja dan tanpa harus menggunakan alat bantuan apapun.

Jalan kaki merupakan olahraga kardio yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Menurut Healthline, jalan kaki perlu dilakukan setidaknya satu jam sehari untuk berhasil membakar kalori.

Namun menurut beberapa sumber, olahraga jalan kaki yang berpengaruh terhadap penurunan berat badan bergantung pada seberapa lama durasi, jarak, kecepatan, jenis jalur dan pola makan yang dikonsumsi.

Berjalan dengan kecepatan tinggi dapat meningkatkan pembakaran kalori. Dan semakin jauh jarak yang ditempuh, maka semakin banyak juga kalori yang terbakar.

BACA JUGA:6 Jus untuk Diet Sehat, Menikmati Kesegaran Setiap Teguknya, Program Turun Berat Badan pun Tak Tersiksa

Jenis jalur yang dilalui juga menentukan instensitas, misalnya jalur menanjak atau tidak rata, bisa lebih banyak membakar kalori. Tentunya, asupan kalori juga perlu terkontrol dan seimbang untuk menentukan proses penurunan berat badan.

Jalan kaki juga olahraga yang mudah dimodifikasi dan dilakukan dalam rutinitas harian karena aktivitas yang praktis dan mudah dilakukan. Berikut 5 tips olahraga jalan kaki yang membantu turunkan berat badan:

1. Jalan Cepat

Jalan cepat disebut berfungsi membantu dalam pembakaran lemak dan kalori. Sebab kecepatan yang lebih cepat, maka lebih banyak kalori yang terbakar. 

Misalnya Anda berjalan kaki dengan jarak 500 meter ditempuh dengan waktu 30 menit. Jika ingin memaksimalkan penurunan berat badan, maka kecepatan harus dinaikan. Anda tidak perlu sampai lari, tapi cukup lakukan jalan cepat saja.

BACA JUGA:5 Menu Makanan Untuk Diet Sehat Dan Lezat! Sukses Turunkan Berat Badan Dalam Seminggu

2. Durasi pendek tapi sering

Ada dua tipe orang yang berolahraga. Pertama, melakukan jarak yang jauh dalam waktu sekali. Dan kedua, orang yang melakukan sedikit demi seidkit namun sering. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: