Yuk Simak! Inilah 4 Cara Menanam Sirih Gading Agar Tidak Merambat dan Membuat Tembok Menjadi Kusam

Yuk Simak! Inilah 4 Cara Menanam Sirih Gading Agar Tidak Merambat dan Membuat Tembok Menjadi Kusam

Cara menanam tanaman sirih gading agar tidak merambat di tembok.-Istimewa - Kolase-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Sirih Gading atau epipremnum aureum adalah tanaman hias merambat yang telah dikenal luas karena sejumlah khasiatnya di bidang kesehatan dan kecantikan. 

Meskipun sering dihargai karena manfaatnya, pertumbuhan merambatnya juga dapat menimbulkan tantangan tertentu yang perlu dikendalikan.

Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh pemilik tanaman Sirih Gading adalah pertumbuhannya yang merambat dengan cepat. 

Meskipun sifat merambat ini dapat memberikan keindahan tersendiri, tanpa pengendalian yang baik, dapat menyebabkan masalah seperti penyebaran yang tidak terkendali dan invasi ke area lain.

BACA JUGA:Begini Cara Menanamnya Agar Sirih Gading Tidak Merusak Dinding

Oleh karena itu, penting untuk mengelola pertumbuhan tanaman ini dengan bijak. Berikut ini adalah beberapa cara menanam Sirih Gading agar tidak merambat.

1. Pemilihan Media Tanam

Pemilihan media tanam merupakan aspek penting dalam menanam Sirih Gading. Ada dua pilihan utama untuk media tanam, yaitu menggunakan air atau tanah. 

Tanaman sirih gading dapat ditanam menggunakan media air atau tanah. Jika Anda ingin mencegah tanaman ini merambat terlalu banyak, Anda dapat menggunakan pot dengan ukuran yang lebih kecil dan membatasi pertumbuhannya.

Pilih media tanam yang sesuai, yang tidak terlalu kaya akan nutrisi. Tanah yang terlalu subur dapat memicu pertumbuhan sirih gading yang berlebihan. Tambahkan bahan organik seperti kompos untuk meningkatkan struktur tanah.

BACA JUGA:Pesona Cantiknya Sirih Gading Merambat di Dinding, Bikin Hunian Teduh Alami

2. Perawatan yang Rutin

Melakukan perawatan rutin seperti penyiraman dan pemupukan akan membantu mengontrol pertumbuhan tanaman. Pastikan tanaman mendapatkan cukup cahaya matahari namun tidak terlalu terang, agar pertumbuhannya tetap terkendali.

Memberikan pupuk secara teratur dengan dosis yang tepat dapat membantu mengontrol pertumbuhan sirih gading. Gunakan pupuk yang memiliki kandungan nitrogen rendah untuk menghindari pertumbuhan yang terlalu cepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: