Cimeong, Desa Mati di Kabupaten Kuningan, Ditinggal Pergi Warganya, Simpan Banyak Kisah Suram

Cimeong, Desa Mati di Kabupaten Kuningan, Ditinggal Pergi Warganya, Simpan Banyak Kisah Suram

Desa Cimeong, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan menjadi desa mati karena pergerakan tanah. -Dokumen-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Ada salah satu dusun di Kabupaten Kuningan yang ditinggalkan warganya. Banyak kisah suram di lokasi yang dijuluki desa mati itu.

Dusun tersebut bernama Cimeong. Yang berada di Desa Cipayung Kecamatan Ciwaru Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Walau menjadi desa mati, tempat tersebut justru menjadi tujuan wisata. Terutama bagi mereka yang menyukai wisata horor.

Dijadikan tujuan wisata, karena Dusun Cemeong beberapa waktu lalu pernah viral di media sosial. Banyak yang penasaran dan ingin tahu soal desa mati di Kabupaten Kuningan tersebut.

BACA JUGA:Lebih Bagus Mana Ya? Ini 7 Perbedaan Kucing Anggora dan Kucing Persia!

Kisah suram dusun ini bermula pada tahun 2016. Dusun ini kosong karena ditinggal oleh mayoritas penghuninya.

Warga meninggalkan dusun itu akibat bencana alam. Berupa pergerakan tanah yang sangat parah. Tanah di dusun tersebut memang terkenal labil.

Begitu suramnya dusun mati tersebut, tergambar dari situasi dan kondisinya. Dusun Cimeong berada di daerah pegunungan. Untuk mencapainya begitu sulit, harus jalan menanjak. 

Sementara akses jalan menuju kampung ini sudah rusak parah. Bahkan sekarang jalan tersebut sudah ditumbuhi semak belukar yang tinggi.

BACA JUGA:5 Masalah Pada Daun Sirih Gading dan Cara Merawatnya!

Juga tampak pepohonan yang lebat, sehingga menyulitkan siapapun untuk menjangkau dusun itu. Pohon-pohon tersebut sudah menutupi sebagian besar bekas pekarangan warga. 

Rumah-rumah yang ditinggal para penghuninya pun sudah rusak dan terbengkalai. Tampak temboknya yang sudah mengelupas. Atapnya sudah tak ada lagi.

Dulu, penduduk desa ini sebagian besar adalah petani. Sehingga setelah bencana tersebut, tak mau jauh dari lahan garapan mereka. 

Karena itu, warga dusun tersebut hanya direlokasi mendirikan rumah ke dusun terdekat. Yakni Dusun Mekarsari yang masih dalam wilayah Desa Cilayung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: