Inilah Cara Menghitung Umur Kucing Betina Siap Kawin, Perhatikan dan Kenali Tanda-tandanya

Inilah Cara Menghitung Umur Kucing Betina Siap Kawin, Perhatikan dan Kenali Tanda-tandanya

Cara menghitung umur kucing betina siap kawin.-Istimewa/Freepik-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Memberikan kehidupan yang bahagia dan sehat untuk kucing dan juga semua hewan lainnya, hanya dapat dilakukan bila Anda memiliki pemahaman yang baik tentang perilaku mereka.

Fase kehamilan dan merawat anak bisa membuat kucing stres. Untuk itu, Anda perlu memastikan bahwa umur kucing kawin telah tepat dan organ reproduksi telah siap.

Kemudian memastian kesiapan selaku pemilik kucing betina bahwa nantinya akan hadir tambahan populasi yang perlu diberi makan dan dirawat.

Selain berpatokan pada umur kucing kawin secara umum, sebagai pemilik hewan peliharaan Anda juga bisa memerhatikan tanda-tanda kucing sedang berada dalam masa birahi dan ingin kawin.

BACA JUGA:Kapan Dibuka? Pahami Sebelum Mendaftarkan, Berikut Ini Syarat KUR BRI 2024 yang Harus Anda Tahu!

Jika kucing telah cukup umur, ada baiknya untuk segera memberinya pasangan. Setelah itu, mempertimbangkan opsi untuk melakukan sterilisasi.

Langkah sterilisasi ini, memang penting untuk mengendalikan populasi. Sehingga baik untuk kesejahteraan hewan itu sendiri.

Terkait kesiapan kawin, bila  kucing masih di bawah umur, sebaiknya tunda dulu.

Karena Umur kucing kawin yang terlalu muda dapat mengakibatkan masalah kesehatan pada kucing, baik secara fisik dan mental terutama saat hamil.

BACA JUGA:5 Nama Kucing Kampung Oren Dengan Keunikan dan Artinya, Menjadi Rekomendasi Sebagai Julukan yang Cocok!

Layaknya makhluk hidup pada umumnya, kucing juga mengalami fase kawin. Selama fase ini, kucing membutuhkan penanganan khusus agar tidak stres.

Lalu, bagaimana cara menghitung umur kucing siap kawin? Simak penjelasannya sebagai berikut:

1. Hitung usia kucing

Umur kucing dihitung dalam bulan dan bukan dalam tahun. Biasanya, kucing betina siap kawin pada usia antara 5 hingga 12 bulan. Sedangkan kucing jantan siap kawin pada usia antara 7 hingga 12 bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: