Tak Perlu Steril, Inilah 5 Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Hamil yang Bisa Dilakukan Pemilik Kucing Di Rumah

Tak Perlu Steril, Inilah 5 Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Hamil yang Bisa Dilakukan Pemilik Kucing Di Rumah

5 Cara Mencegah Kucing Agar Tidak Hamil-Nakita.com-radarkuningan.com

Pemisahan sangat perlu untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. Caranya, anda bisa menempatkan kucing betina di kandang khusus dan kandang terkunci rapat agar kucing tidak bisa keluar.

3. Pijat Tubuhnya

Kucing saat birahi biasanya akan mengeong-ngeong sangat keras. Bagian kemaluannya akan digesek-gesekan ke benda atau ke lantai.

Agar kucing tidak berisik saat birahi, coba mengelus-elus bulu kucing secar lembut dari kepala sampai ke bagian pantatnya.

Lalu tekan di atas pantat secara perlahan seperti kucing jantan sedang mengawini kucing betina. Cara ini cukup ampuh untuk meredam birahi kucing.

BACA JUGA:Penyakit Kucing Menular pada Kulit Manusia yang Sering Terjadi, Jaga Kebersihan Yuk

Kucing akan merasa nyaman dan rileks karena birahinya bisa tersalurkan dengan bantuan anda. Namun, cara ini tidak dapat bertahan lama. Maka, lakukan setiap kali kucing sedang birahi.

4. Beri Dudukan Hangat 

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mencegah kucing hamil  adalah memberikan dudukan hangat tepat di organ reproduksi kucing betina. Buatlah posisi kucing betina senyaman mungkin sehingga mereka tetap tenang, tidak gelisah dan tidak bersuara keras.

Umumnya alat reproduksi akan mengembang dan menjadi lebih sensitive. Dengan adanya dudukan yang hangat, akan membuat kucing betina merasa nyaman. 

5. Alat Feliway Diffuser

Alat Feliway Diffuser biasanya digunakan untuk mengeluarkan zat feromon dari tubuh kucing. Alat ini bisa membuat kucing lebih tenang saat masuk birahi.

BACA JUGA:Macam-macam Penyakit Kucing dan Ciri-cirinya yang Harus Diketahui Pemilik Hewan Peliharaan

Cara kerja feliwey diffuser ini mirip dengan pengharum ruangan. Jadi alat ini mengeluarkan zat-zat tertentu yang bertujuan untuk mencegah kucing hamil. Alat ini juga tergolong instan karena bisa diberikan sebelum kucing terlihat birahi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kucing betina hamil dan mengatasi kucing birahi agar tetap tenang.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: