5 Cara Merawat Tanaman di Musim Hujan Agar Tidak Cepat Layu , Benarkah Tidak Perlu di Siram? Yuk Simak

5 Cara Merawat Tanaman di Musim Hujan Agar Tidak Cepat Layu , Benarkah Tidak Perlu di Siram? Yuk Simak

cara merawat tanaman di musim hujan-natgeo-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Memasuki musim hujan adalah hal yang ditunggu-tunggu oleh sebagian besar orang, terutama yang memelihara tanaman hias di perkarangan atau teras rumah.

Dengan adanya air hujan yang menetes ke dalam tanaman menjadikan rumah terbebas dari banjir.

Namun ternyata tanaman hias di musim hujan juga perlu di rawat lho, tidak bisa dibiarkan begitu saja, beberapa kasus tanaman dimusim hujan daunnya mulai berubah menjadi kuning dan juga layu.

Untuk itu kita harus mengetahui cara merawat tanaman di musim hujan agar tidak cepat layu, ternyata caranya tidaklah sulit untuk dipraktekan sendiri di rumah.

BACA JUGA:5 Tips Merawat Tanaman Di Musim Hujan, Agar Tanaman Tetap Sehat dan Tidak Mati

Berikut 5 Cara Merawat Tanaman di Musim Hujan

1.Jangan biarkan air menggenangi tanaman

Air hujan sebenarnya baik untuk tanaman karena mengandung oksigen yang lebih tinggi dibandingkan air ledeng. Akan tetapi, air hujan yang berlebihan dapat menyebabkan kelembapan berlebihan pada tanah dan akar.

Maka, sebaiknya Anda mencegah genangan air terlalu lama pada tanaman. Segera setelah hujan usai, cepat bersihkan air yang menggenangi tanaman.

Saat membersihkan air yang menggenang, tetap hati-hati agar Anda tidak merusak bagian tanaman.

2.Pastikan untuk tidak menyiram tanaman secara berlebihan.

Jika sampai melakukannya apalagi di musim hujan, maka dapat memengaruhi kesuburan tanah dan membuat tanaman tidak bertahan lama.

Dengan memberikan air terlalu banyak, khususnya di musim hujan, maka akan membuat akar tanaman cepat membusuk dan menyebabkan kematian. Jadi, ada baiknya untuk membatasi penyiraman tanaman hias di musim hujan.

Sebelum melakukan penyiraman tanaman luar ruangan, pastikan kamu memeriksa kondisi tanahnya terlebih dahulu. Pastikan kamu memberi air ke tanaman hanya saat bagian atas tanah mulai kering atau daun layu.

BACA JUGA:Tidak Hanya Bawa Hoki di Rumah, Ini Dia 6 Tanaman Pembawa Hoki di Tempat Usaha

3.Memiliki Drainase Yang Baik

pastikan pot sudah memiliki drainase yang baik, ya. Jika bagian bawah pot tidak dilengkapi dengan lubang, maka kamu harus lakukan pengecekan dan membuang air secara teratur.

Pasalnya, air yang menggenang di dalam pot bisa meningkatkan risiko berkembang nyamuk penyebab demam berdarah.

Apabila kamu sudah menggunakan pot yang berlubang untuk menaruh tanaman, lepas alas atau piringan potnya secara rutin. Hal ini bertujuan agar drainase atau lubang air pada pot tidak tersumbat batuan atau tanah yang mengeras.

4.Kurangi pemberian pupuk

Dalam merawat tanaman pada musim hujan, Anda perlu mengurangi pemberian pupuk. Pemberian pupuk pada musim hujan hanya akan merusak tanaman karena tanaman berhenti mengonsumsi pupuk ketika tanahnya sangat basah.

Apalagi saat musim hujan, pemberian pupuk akan sia-sia karena bisa larut di air yang mengalir, dan akan mengubah pH tanah dengan cepat sehingga merusak tanaman.

BACA JUGA:7 tanaman Hias Pembawa Rezeki Kekayaan Ini Cocok Sekali diletakkan di Teras Rumah

5.Pangkas Tanaman

lakukan pemangkasan kepada tanaman yang sudah layu atau menguning secara rutin. Apabila kamu melihat cabang yang sudah kering dan mati, maka kamu juga dapat memangkasnya.

Membiarkan tanaman tanpa dipangkas secara rutin akan membuat daun atau cabang tanaman tersebut tidak dapat tumbuh dengan benar yang kemudian dapat menyebabkan mati.

Selain itu, memangkas daun dan cabang tanaman secara rutin dapat merangsang pertumbuhan baru, lho.

Sekian artikel mengenai cara merawat tanaman di musim hujan agar tidak cepat layu, semoga artikel ini dapat membantu menambah wawasan bagi para pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: