Mengenal 5 Jenis Penyakit Kucing Rumahan Yang Berbahaya Bagi Manusia, Pemilik Anabul Wajib Waspada!

Mengenal 5 Jenis Penyakit Kucing Rumahan Yang Berbahaya Bagi Manusia, Pemilik Anabul Wajib Waspada!

penyakit kucing rumahan-unsplash-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Memelihara kucing di rumah adalah suatu hobi yang banyak orang lakukan terutama orang-orang yang memang menyukai kucing.

Ternyata melakukan perawatan kucing tidak hanya sekedar memberi makananya saja lho, kita juga harus memperhatikan kesehatan kucing baik dari luar maupun dalam.

Kucing peliharaan yang di pelihara di rumah ternyata bisa juga terjangkit beberapa penyakit, beberapa dari penyakit kucing ada yang memiliki gejala ringan yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Tetapi ada juga penyakit kucing rumahan yang cukup berbahaya dan bisa menular kesesama kucing lainnya bahkan manusia selaku pemiliknya lho.

BACA JUGA:5 Cara Agar Kucing Tidak Bosan dan Stres, Bisa dengan Melakukan Aktivitas yang Disukai Kucing Lho!

Oleh karena itu melakukan vaksin kucing dan juga strelisisasi sangatlah penting untuk meminimalisir kucing peliharaan kita terjangkit oleh penyakit.

Berikut 5 Jenis Penyakit Kucing Rumahan Yang Berbahaya Bagi Manusia

1.Hepatitis

Seperti hepatitis pada manusia, sering juga disebut sakit kuning, tanda kucing menderita hepatitis adalah kekuningan (jaundice) pada gusi, lidah, kulit, dan mata. Tanda lainnya adalah berat badan turun, lemas, muntah warna kuning, demam, dan ascites (cairan berlebih di dalam perut).

Penyebab kucing terkena hepatitis bisa bermacam-macam. Salah satunya adalah tertular dari kucing lain yang menderita hepatitis melalui darah atau feses. Sebagian lain disebabkan oleh bakteri, infeksi virus, atau karena pengaruh obat tertentu yang tidak bisa diterima oleh tubuh kucing dan mengakibatkan kerusakan liver.

Perlu diingat, hepatitis kucing adalah penyakit yang cepat menular terutama melalui feses dan darah. Jadi, jika Anda memiliki kucing lain di rumah, sebaiknya dipisahkan untuk sementara. Umumnya, kucing yang terkena hepatitis bisa sembuh total dalam waktu 3 hingga 6 minggu dengan obat dan makanan yang tepat sesuai anjuran dokter hewan.

BACA JUGA:5 Ciri-Ciri Kucing Sakit dan Cara Mengobatinya, Catlovers Wajib Baca!

2.Penyakit Cacingan

Cacingan merupakan penyakit yang sering terjadi pada kucing yang kurang terawat kebersihannya. Kebanyakan kucing kampung memiliki sifat naluri yang liar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: