Cerita Lutung Kasarung Berasal dari Kuningan? Ada 2 Tempat yang Identik, Palutungan dan Ini...

Cerita Lutung Kasarung Berasal dari Kuningan? Ada 2 Tempat yang Identik, Palutungan dan Ini...

Salah satu versi cerita Lutung Kasarung disebut berasal dari Kuningan. Foto hanya ilustrasi.-Istimewa-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Cerita Lutung Kasarung begitu populer di tengah masyarakat dan menjadi dongeng turun temurun alias lintas generasi.

Kisah legenda mengenai Lutung Kasarung memang memiliki banyak versi. Ada yang menyebut berasal dari Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng). 

Namun, ada juga yanga menyebut bahwa cerita Lutung Kasarung berasal Jawa Barat. Tepatnya dari Kabupaten Kuningan, dengan versi atau alur cerita tersendiri.

Setidaknya ada 2 tempat yang dikaitkan dengan kejadian Lutung Kasarung. Pertama, Desa Sumberjaya, Kecamatan Ciwaru, Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Kabupaten Kuningan Pernah Memiliki Kualitas Kopi Terbaik di Jawa, Setahun Ditarget Hasilkan 10 Ribu Pikul

Tempat kedua adalah Palutungan yang berada di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Apalagi, nama Palutungan dekat dengan sebutan Lutung.

Namun sejauh ini, cerita mengenai Lutung Kasarung menjadi hanya folklore. Sebab, tidak ada naskah kuno ataupun sumber sejarah yang ilmiah mengenai kejadian ini.

Dilansir dari Perpustakaan Badan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, cerita Lutung Kasarung memang ada di beberapa daerah.

Terutama di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Barat. Kemiripannya adalah baik versi Jateng maupun Jabar, bercerita tentang seorang pemuda yang menyamar menjadi lutung 'sejenis kera' untuk mendekati putri yang dicintainya.

BACA JUGA:Desa di Pedalaman Kuningan Ini Sudah Ada Sejak Zaman Prabu Siliwangi, Juga Dikaitkan Legenda Lutung Kasarung

Meski secara alur hampir mirip, tetapi kedua cerita legenda itu sangat berbeda. Di Jawa Barat, tokoh dalam cerita ini adalah Purbasari dan Guru Minda, sedangkan di Jawa Tengah tokohnya adalah Dewi Ciptarasa dan Banyak Catra.

Meskipun menceritakan pangeran dari Kerajaan Pajajaran, cerita Lutung Kasarung dalam buku ini berasal dari Jawa Tengah.Tepatnya berasal dari daerah Kebumen.

Lutung Kasarung Versi Kuningan

Nama Palutungan memang kerap dikaitkan dengan kisah Lutung Kasarung, karena keduanya memiliki nama yang hampir mirip. Meski cerita di balik nama Palutungan tidak ada kaitannya sama sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: