Tahun 2024, Panjang Jalan Tol Bertambah 414 Kilometer, Bagaimana dengan Tol Getaci?

Tahun 2024, Panjang Jalan Tol Bertambah 414 Kilometer, Bagaimana dengan Tol Getaci?

Pembangunan jalan tol di tahun 2024 ditargetkan dapat selesai 414 kilometer.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Panjang jalan tol yang beroperasi di tahun 2024 ditargetkan mencapai 414 kilometer, dan sebagian besar prosesnya saat ini sudah tahap konstruksi untuk penyelesaian.

Anggota Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Sony Sulaksono menjelaskan, penambahan panjang Jalan Tol yang beroperasi tersebut diharapkan dapat terealisasi sesuai dengan rencana.

Adapun pembangunan akses bebas hambatan tersebut berada di Pulau Sumatera, Jabodetabek, Probolinggo hingga Banyuwangi.

“Di tahun 2024 akan ada tambahan 414 kilometer, terbagi di beberapa daerah di Sumatera, JORR, Probolinggo - Banyuwangi, sebagian besar di Jabodetabek,” kata Sony.

BACA JUGA:KH Buya Syakur Yasin Wafat, Bupati Indramayu: Umat Islam Indonesia Berduka

Dijelaskan dia, pembangunan jalan tol tersebut mencakup Pulau Sumatera dari Aceh sampai dengan Riau. Hanya saja masih ada kendala untuk bagian tengah yang masih belum terkoneksi. Misalnya di Jambi.

Dijelaskan dia, salah satu kendala pembangunan Jalan Tol Sumatera adalah tanah lunak, seperti gambut dan bekas perkebunan sawit.

Namun, kendala dari sisi teknis ini bisa ditangani. Sebab, sudah banyak ahli mengenai penanganan tanah lunak.

“Kami menyelesaikan target yang ingin diselesaikan di Sumatera dan Jawa. Diharapkan 414 (kilometer) itu semua beroperasi di tahun 2024. Sekarang sedang proses dan proses penyelesaian,” kata Sony, di acara Blak-blakan Kementerian PUPR Soal Rencana Jalan Tol Baru di 2024 CNBC Indonesia yang dikutip radarkuningan.com, Rabu, 17 Januari 2024.

BACA JUGA:Subhanallah! Inilah 5 Janji Allah Bagi Orang yang Memelihara Kucing, Benarkan Dijanjikan Surga?

Investasi Jalan Tol Masih Menarik?

Seperti diketahui, pembangunan jalan tol di Indonesia belakangan ini kerap menggunakan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Sehingga pembangunannya juga sangat tergantung dengan adanya badan usaha dalam hal ini investor yang membentuk konsorsium.

Apakah investasi jalan tol masih menarik? Sony Sulaksono mengungkapkan, dibandingkan dengan infrastruktur lain, investasi jalan tol sangat menarik, karena menggunakan konsep KPBU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: