Sawah Lope Sudimampir, Salah Satu Tujuan Wisata Terfavorit di Kuningan, Lokasinya Gampang Dijangkau

Sawah Lope Sudimampir, Salah Satu Tujuan Wisata Terfavorit di Kuningan, Lokasinya Gampang Dijangkau

Wisata Sawah Lope di Desa Cikaso, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan.-Sulis Riyanto/Ist-radarkuningan.com

BACA JUGA:Pemilik Kucing Wajib Tahu, Kapan Kucing Bisa Hamil? Dan Terdapat Solusi Dalam Menurunkan Over Populasi

Salah satu yang dikelola Pokdarwis itu adalah destinasi wisata Sawah Lope. Di areal tersebut terdapat 13 saung bambu, 1 saung pusat informasi sekaligus kantor pengelola, 6 buah toilet, 2 kamar bilas, 1 musola dan area parkir. 

Di area sawah tersedia juga kuliner khas Desa Cikaso,  yaitu Nasi Liwet. Juga ada aneka jajanan makanan ringan yang dijual oleh penduduk setempat.

Memang selain petani, sebagian masyarakat Desa Cikaso juga berprofesi sebagai pedagang. Mereka mendirikan usaha rumahan yang menjual makanan khas atau tradisional. 

Misalnya menjual rangginang, tengteng, rempeyek, comro, serabi, dan kue cucur. Juga menjual peuyeum ketan, geplak, bawang goreng, dan makanan tradisional lainnya. 

BACA JUGA:Komitmen Prabowo untuk Pemberantasan Korupsi, Naikan Gaji Pejabat, Ditindak Sekerasnya Bila Korupsi

Berbagai makanan khas dari rumah-rumah penduduk itu, kemudian dijual ke pasar, toko, maupun di tempat wisata. Beragam makanan khas yang diproduksi secara rumahan telah menjadi daya tarik lainnya dari desa ini. 

Nama Cikaso diperkirakan berasal dari kosa kata Bahasa Sunda “ci atau “cai” yang berarti air dan “kaso” yang berarti kayu kaso atau pohon kaso. Jika dirangkaikan nama Cikaso berarti “air yang berasal dari pohon Kaso”.  

Sesuai dengan namanya desa ini memang penuh dengan melimpahnya sumber air. Hamparan lokasi persawahan yang luas dan banyaknya balong (kolam ikan) dimiliki hampir separuh penduduk desa. Hal itu bukti bahwa tanah di desa ini sangat subur dengan air yang melimpah. 

Ada 7 sumber mata air yang diyakini masyarakat hingga saat ini ada kaitannya dengan cerita para leluhur Cikaso. Yakni, mata air Cilangga, Cinangsi, Cibango, Cimalayan, Cipasantren, Cihanyir dan Cikabulakan.

BACA JUGA:Kenapa Kucing Sering Mencuri Makanan? Simak 4 Ciri Kucing Kelaparan, yang Jarang Diketahui Pemilik Kucing!

Kekayaan Desa Cikaso ternyata bukan hanya sebatas airnya yang melimpah, tetapi juga sumber daya alam, budaya, serta adat tradisi.

Ada beragam tradisi sosial, aneka makanan khas, kesenian rakyat, cerita legenda, cerita misteri, merupakan beberapa hal menarik dan unik. Juga merupakan bagian dari warisan budaya desa ini. 

Salah satu keunikan yang dimiliki Desa Cikaso yaitu banyak berkembangnya cerita misteri yang berkaitan dengan sejarah kekuasaan para leluhurnya. Hal itu secara tidak langsung telah membentuk tradisi turun temurun. 

Selain sumber daya alam, Desa Cikaso memiliki sumber daya manusia yang tangguh. Jumlah penduduk Cikaso sebanyak 4910 jiwa menjadi salah satu daya dukung potensi SDM yang telah mendorong makin berkembangnya potensi sumber daya alam yang dimiliki. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: