4 Fakta Leuweung Sancang, Hutan Paling Keramat di Pulau Jawa yang Penuh dengan Misteri

4 Fakta Leuweung Sancang, Hutan Paling Keramat di Pulau Jawa yang Penuh dengan Misteri

Leuweung Sancang salah satu hutan paling keramat di Pulau Jawa.-Adrasa ID/Youtube - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Leuweung Sancang merupakan sebuah cagar alam yang dilindungi dan dikenal sebagai hutan paling keramat di Pulau Jawa.

Hutan Sancang memang banyak memiliki cerita mistis, mitos dan misteri. Termasuk terkait dengan lokasi menghilangnya Prabu Siliwangi ketika dikejar Raden Kian Santang.

Kemudian Prabu Siliwangi moksa, sementara para pengikutnya menjadi harimau atau yang dikenal dengan sebutan Maung Sancang.

Tentu yang dimaksud adalah Harimau Jawa (panthera tigris sondaica) yang merupakan sub spesies Harimau Sunda di Pulau Jawa.

BACA JUGA:Inilah 5 Aroma Yang Tidak Disukai Kucing, Bisa Untuk Mengusir Kucing Liar Yang Berak dan Buang Air Sembarangan

Di balik semua cerita angker dan misteri tersebut, Leuweung Sancang memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Kawasan cagar alam ini, merupakan jenis hutan dataran rendah dan dataran tinggi yang menjadi rumah bagi berbagai flora dan fauna langka.

Walaupun kerap dicap seram, angker dan penuh misteri, namun Leuweung Sancang sesungguhnya memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Leuweung Sancang berada di Desa Sancang, Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut. Lokasi ini berbatasan dengan Kabupaten Tasikmalaya dan Samudera Hindia.

BACA JUGA:Yuk Kenali 5 Bau Yang Tidak Disukai Kucing, Cocok Untuk Mengusir Kucing Liar Yang Kencing dan Berak di Rumah!

1. Cagar Alam

Berdasarkan Surat Keputusan Nomor 116/Um/59 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Leuweung Sancang telah ditetapkan sebagai cagar alam dan konservasi dengan luas wilayah 2.157 hektare.

Surat keputusan tersebut kemudian diperbaharui dengan SK.1860/Menhut-VII/KUH/2014 dan menetapkan luas Leuweung Sancang adalah 2.313,90 hektare.

Area yang cukup luas ini mencakup beberapa kawasan yakni hutan dataran rendah, hutan mangrove dan hutan pantai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: