2 Nama Sakral Ini, Bukti Jejak Prabu Siliwangi di Kabupaten Kuningan, Sekarang jadi Objek Wisata Terkenal

2 Nama Sakral Ini, Bukti Jejak Prabu Siliwangi di Kabupaten Kuningan, Sekarang jadi Objek Wisata Terkenal

Jejak Prabu Siliwangi di Kabupaten Kuningan diantaranya adalah sumur tujuh. -Raynardthan Pontoh/ist-radarkuningan.com

BACA JUGA:Tanaman Hias Sirih Gading Dapat Dijadikan Vertical Garden Sebagai Dekorasi Rumah yang Indah, Inilah 3 Caranya!

Sementara bangkai ikan itu tak lantas dibuang. Masyarakat Desa Manis Kidul memilih mengafani dengan kain putih. Kemudian menguburkan, layaknya manusia.

Warga setempat meyakini, Ikan Dewa merupakan jelmaan dari prajurit penjaga Prabu Siliwangi ketika melakukan meditasi di sumur tujuh keramat. 

Apakah ikan ini bisa dikosumsi? Jangankan dikosumsi, berpikir untuk dibawa pulang saja sudah pamali dan pantangan bagi warga setempat.

Konon, ada seseorang sengaja menggoreng ikan tersebut. Ternyata tak ada daging dari ikan yang digoreng. Padahal ukuran ikan yang digoreng sangat besar. Yang ada hanya urat dan kerangkanya saja. 

BACA JUGA:Ketahui 5 Jenis Tanaman yang Boleh Dimakan Kucing, Bermanfaat untuk Anabul

Yang menyedihkan, orang yang menggoreng ikan tersebut tiba-tiba sakit keras pada esok harinya. Tak lama sakit, kemudian orang itu meninggal dunia.

Selain Ikan Dewa, ada nama lain di Cibulan yang terkait dengan jejak Prabu Siliwangi di Kuningan. Jejak itu bernama mata air Sumur Tujuh.

Mata air ini, konon merupakan lokasi persemedian Prabu Siliwangi saat mengunjungi Kuningan pada abad 15 lalu.

Banyak keistimewaan dari mata air ini. Salah satu keistimewaan mata air sumur tersebut adalah tak pernah berhenti mengalir, sepanjang tahun.

BACA JUGA:Auto Kabur! Ini Dia 5 Tanaman Yang Dibenci Kucing, Cocok Untuk Mengusir Kucing Liar Nakal Yang Suka Buang Air

Konon, Prabu Siliwangi saat mengunjungi wilayah kekuasaannya di Kuningan, kerap menggunakan air tersebut untuk bertahan di tengah semedi.

Biasanya semedi ini dilakukan Prabu Siliwangi usai berperang mempertahankan wilayah Kuningan dari pasukan Kerajaan Mataram.

Karena itu, 7 sumur tersebut masih diyakini masyarakat setempat, memiliki rupa-rupa kekuatan. Konon sesuai dengan namanya masing-masing.

Seperti  Sumur Kejayaan, Sumur Kemulyaan, Sumur Pengabulan, Sumur Cirancana, Sumur Cisadane, Sumur Kemudahan, dan Sumur Keselamatan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: