2 Nama Sakral Ini, Bukti Jejak Prabu Siliwangi di Kabupaten Kuningan, Sekarang jadi Objek Wisata Terkenal

2 Nama Sakral Ini, Bukti Jejak Prabu Siliwangi di Kabupaten Kuningan, Sekarang jadi Objek Wisata Terkenal

Jejak Prabu Siliwangi di Kabupaten Kuningan diantaranya adalah sumur tujuh. -Raynardthan Pontoh/ist-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Setidaknya ada 2 nama yang menjadi bukti jejak Prabu Siliwangi di Kabupaten Kuningan. Keduanya, selain bersejarah, juga disakralkan oleh masyarakat setempat.

Nama-nama itu konon merupakan peninggalan dan menjadi tempat yang paling dipakai Raja Pajajaran tersebut. Keduanya  adalah Ikan Dewa dan mata air Sumur Tujuh.

Yang menarik lagi, kedua nama tersebut berada di Cibulan. Suatu tempat yang terletak di Desa Manis Kidul Kecamatan Jalaksana.

Bahkan warga setempat meyakini jika Cibulan merupakan petilasan Raja Pajajaran, Prabu Siliwangi. Lokasi ini sekarang menjadi objek wisata yang sangat terkenal di Kabupaten Kuningan.

BACA JUGA:Mudah dan Menyehatkan, Cara Membuat Makanan Kucing di Rumah dari Nasi, Yuk Intip Resepnya!

Di objek wisata tersebutlah terdapat kolam yang cukup besar. Di kolam itu terdapat ratusan Ikan Dewa.

Menurut cerita warga sekitar, Ikan Dewa  merupakan ikan yang disucikan. Bukan saja oleh warga setempat, tapi oleh sebagian besar masyarakat Kuningan.

Bahkan ikan endemik ini, diyakini sebagai titisan dari Prabu Siliwangi. Karena walau sama-sama ikan, tetapi berbeda dengan yang lainnya. 

Perbedaan antara Ikan Dewa dengan ikan yang lain, di antaranya adalah Ikan Dewa mampu memakan semua yang diberikan kepadanya.

BACA JUGA:Bikin Egy Cidera, Instagram Minamino Langsung Digeruduk: Pemain Tarkam!

Ikan ini layaknya manusia. Seolah mengetahui makanan yang bisa dilahap atau tidak. Hanya rokok saja yang tidak sukai ikan yang satu ini.

Yang berbeda lainnya adalah, Ikan Dewa  akan mati tenggelam, bukan mengapung. Hal itu sangat berbeda dengan ikan biasa.

Ada lagi, Ikan Dewa tak pernah diketahui apakah bertelur atau beranak. Masyarakat hanya mengetahui ada ikan yang tiba-tiba sudah sebesar lengan. 

Bersamaan dengan penemuan ikan yang sudah sebesar lengan itu, biasanya ditemukan ikan yang mati. Itu juga keanehan lain dari Ikan Dewa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: