3 Cara Mencampurkan Tanah untuk Media Tanam yang Subur, Tanaman Jadi Cepat Rimbun

3 Cara Mencampurkan Tanah untuk Media Tanam yang Subur, Tanaman Jadi Cepat Rimbun

3 Cara Mencampurkan Tanah untuk Media Tanam yang Subur, Tanaman Jadi Cepat Rimbun-RHS-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Dalam menanam tanaman, media tanam adalah salah satu hal penting yang tidak boleh terlewat.

Meskipun tanah biasa sudah bias menjadi media tanam yang baik bagi beberapa tanaman, tapi tidak semua tanaman dapat tumbuh di tanah umum. 

Kalian perlu tahu cara mencampurkan tanah untuk media tanam yang baik dan subur untuk tanaman, apalagi jika kalian ingin menanam tanaman hias.

Kalian perlu menyiapkan media tanam yang subur dan juga cukup baik untuk memberikan supply makanan pada tanaman tersebut.

BACA JUGA:Berikut adalah 5 Tanaman Pengusir Kucing Liar, Ampuh Usir Kucing yang Suka Kencing dan Berak Sembarangan!

Nah, agar kalian bisa membuat tanaman hias atau tumbuhan kalian tumbuh dengan subur dan baik, kalian bisa cari tahu cara mencampurkan tanah untuk media tanam tanaman yang baik berikut.

Cara Mencampurkan Tanah untuk Media Tanam yang Subur

Nah, jika dilansir dari channel Youtube ‘Kebun Kumara’ ada beberapa langkah yang bisa kalian ikuti dalam mencampurkan tanah untuk membuat media tanam yang subur dan baik untuk tanaman kalian.

1. Kenali berbagai media tanam

Sebelum kalian tahu cara mencampurkan tanah untuk media tanam yang subur, kalian perlu tahu ada empat macam media tanam yang bisa kalian gunakan.

Yaitu tanah liat atau tanah merah, seka  mentah, skam bakar, dan kokopit atau sabut kelapa. Semua empat media tanam ini memiliki fitur unik. 

BACA JUGA:MIRIS! Pohon Endemik Gunung Ciremai Mati, Ada yang Dibakar, Diduga untuk Tanaman Kopi

Misalnya, tanah liat atau tanah merah lengket, yang membuatnya mudah mengikat air dan unsur hara lainnya. 

Sekam bakar atau sekam mentah yang diasap lebih steril dari sekam mentah, sehingga tidak ada padi yang tumbuh liar, dan kandungan karbonnya lebih tinggi, sehingga sangat baik dalam mengikat air dan nutrisi serta hara. 

Terakhir, bagi petani yang tidak memiliki tanah liat atau tanah merah, sabut kelapa, juga dikenal sebagai kokopit dia, adalah alternatif alami untuk ekstrak serat dari kulit luar kelapa.  

2. Mencampurkan tanah

Media tanam yang ideal adalah yang berongga, berporos, dan gembur. Anda dapat mencampur keempat jenis media tanam sebelumnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: