Sejarah Desa Garatengah yang Kini Dibelah Jalan Baru Kuningan, Dulu Ada Kerajaan Keinderaan

Sejarah Desa Garatengah yang Kini Dibelah Jalan Baru Kuningan, Dulu Ada Kerajaan Keinderaan

Sejarah Desa Garatengah, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan yang berdasarkan cerita tutur terkait dengan Kaerajaan Keinderaan.-Kementerian PUPR-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Desa Garatengah, Kecamatan Japara, Kabupaten Kuningan, kini menjadi salah satu daerah yang dilewati Jalan Baru Lingkar Timur (Jalintim).

Daerah ini, dikenal dengan kawasan yang berbukit-bukit. Bahkan ada 1 tebing ikonik yakni bukit kembar di Jalintim Kabupaten Kuningan yang kini dipangkas untuk mencegah longsor.

Namun, Desa Garatengah tidak hanya punya bukit kembar yang ikonik. Tetapi berdasarkah sejarah desa yang dipublikasikan, ternyata banyak menyimpan situs peninggalan Kerajaan Keinderaan.

Situs ini, banyak tersebar di beberapa tempat di Desa Garatengah. Sekaligus menjadi bukti faktual dari keberadaan Kerajaan Keinderaan.

BACA JUGA:Membuat Takut Orang Sekitar, Inilah 5 Penyebab Kucing Agresif yang Harus Diketahui!

Satu-satunya sumber mengenai sejarah Desa Garatengah dipublikasikan di situs resmi pemerintah desa.

Alkisah, pada masa lalu ada Kerajaan Keinderaan yang dipimpin oleh Resi Guru Manik Maya di Gunung Tilu yang saat ini masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Cibingbin.

Kerajaan Keinderaan kemudian dipimpin oleh putranya yakni Sulaiman Sakti dan diturunkan kepada putera mahkota yakni Kandhihawan yang kemudian memiliki 5 orang putera.

Untuk mencari bekal hidup, 5 orang putera ini diperintahkan Kandhihawan untuk berkelana. Hal ini penting untuk mencari kandidat penerus kerajaan selanjutnya.

BACA JUGA:Mengenal 4 Jenis Pasir Kucing Beserta Kelebihannya, Ketahui Dulu Sebelum Membeli! Cat Lovers Pilih yang Mana?

Para puteranya ini, pergi ke berbagai arah. Si bungsu yakni Rekayan Surawulan atau Wretikandayun pergi ke selatan, karena ingin belajar ilmu nitipraja.

Kemudian memutuskan tinggal di Karangkamulyan yang sekarang masuk dalam wilayah Kabupaten Ciamis.

Putera keempat yakni sang Sanhang Greha yang suka berdagang pergi ke Kramatmulya. Putra ketiga yakni Sang Kantong Maralah lantas pergi ke Desa Padamenak.

Berbeda dengan 2 adiknya, Sang Kantong Maralah memilih menetap di menak luhur. Lantas mendirikan Kerajaan Nagara Tengah yang sekarang menjadi Desa Garatengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: