MANTAP, Dapat Anggaran 90 Miliar dari Kementrian PUPR, Pembangunan JLTS Digeber Akhir Tahun

MANTAP, Dapat Anggaran 90 Miliar dari Kementrian PUPR, Pembangunan JLTS Digeber Akhir Tahun

Kepala Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, I Putu Bagiasna menjelaskan soal kelanjutan pembangunan JLTS yang mendapat lampu hijau dari Kementrian PUPR. (Agus Sugiharto)--

RADARKUNINGAN.COM - Akhir tahun 2025, infrastruktur jalan baru di Kabupaten Kuningan akan bertambah. Yakni dengan kehadiran jalan lingkar timur selatan (JLTS).

Jika sudah rampung pembangunannya, JLTS akan menjadi jalan lingkar ketiga di Kota Kuda setelah jalan lingkar timur dan jalan lingkar Bayuning.

Pembangunan jalan baru ini juga untuk membuka sektor ekonomi dan pariwisata. Sehingga masyarakat bisa sejahtera.

Apalagi Kabupaten Kuningan sudah menjadi bagian kawasan Rebana Jawa Barat. Karena itu infrastruktur penunjangnya juga harus siap.

BACA JUGA:Apakah Biaya Steril Kucing Jantan dan Betina Mahal? Tak Disangka, Ternyata Hanya Segini..

Sesuai rencana, jalan dua jalur ini membentang dari Desa Windujanten, Kecamatan Kadugede hingga Desa Kertawangunan, Kecamatan Sindangagung.

Panjang ruas jalan JLTS mencapai 9,5 kilometer dan melewati sejumlah desa dan kelurahan di tiga kecamatan.

Kementerian PUPR sudah setuju dengan proposal yang diajukan Pemkab Kuningan untuk pembangunan JLTS.

Itu dibuktikan dengan sudah disiapkannya anggaran pembangunan JLTS, meski nilainya masih kurang dari yang diharapkan pemkab.

BACA JUGA:Secuil Pulau Jawa di Amsterdam Belanda, Jadi Nama Sungai, Jalan hingga Kabupaten

Berdasarkan penjelasan Kepala Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, I Putu Bagiasna MT, pembangunan jalan lingkar timur selatan atau JLTS akan dimulai pada bulan Desember 2025.

Kementrian PUPR bahkan sudah melakukan lelang dengan anggaran Rp90 miliar untuk JLTS.

"Anggaran pembangunan JLTS sudah siap dari pusat. Totalnya Rp90 miliar dan pekerjaan akan dimulai bulan Desember tahun ini."

"Sebenarnya anggaran ini masih kurang dari nilai yang dibutuhkan. Tapi kan proyek pembangunan JLTS ini multiyear. Jadi, pada tahun selanjutnya juga akan mendapat alokasi anggaran," jelas Putu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: