Punya 9 Nyawa? Ini Keistimewaan Kucing Yang Wajib Kamu Ketahui! Simak Penjelasannya

Punya 9 Nyawa? Ini Keistimewaan Kucing Yang Wajib Kamu Ketahui! Simak Penjelasannya

Keistimewaan kucing yang belum kamu ketahui-Freepik-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kucing, hewan yang memiliki julukan 'peliharaan sejuta umat' ini memang selalu menjadi hewan yang menarik untuk dibahas.

Setiap hewan memang memiliki kelebihan dan keistimewaan sesuai jenisnya masing-masing. Tidak terkecuali kucing, hewan ini memiliki banyak keistiimewaan tersendiri yang bahkan tidak sedikit dari kamu yang tidak mengetahuinya.

Untuk kamu yang belum mengetahui keistimewaan kucing, kami telah merangkumnya menjadi tiga poin yang tentunya sudah 'akrab' di telinga masyarakat. Yuk, simak penjelasannya. 

1. Tidak langsung mati jika jatuh dari ketinggian

BACA JUGA:Ini Nih Tempat Persembunyian Yang Disukai Ular Di Rumah, Jangan Sampai Rumahmu Disukai Oleh Ular

Pernah dengar istilah 'kucing memiliki sembilan nyawa'? mungkin yang menjadi awal mula dari istilah ini adalah kemampuan kucing untuk bisa memposisikan dirinya saat jatuh dengan sedemikian rupa sehingga ia bisa menyelamatkan diri dari maut apabila jatuh dari ketinggian.

Posisi ini terjadi secara natural atau biasa disebut sebagai reflek alami pada tubuh kucing. Jadi, apabila kamu memilki kucing peliharaan, kamu tidak perlu melatihnya untuk bisa selamat apabila kucing peliharaanmu jatuh dari ketinggian, karena kemampuan ini adalah kemampuan kucing yang dimiliki sejak lahir.

Meski begitu, kucing juga memiliki batas ketinggian untuk kemampuannya ini. Karena kucing juga merupakan makhluk hidup yang bisa mati, jadi ia memiliki radius ketinggian untuk bisa selamat dan mengaktifkan kemampuan ini. 

Secara alami, kucing dapat selamat apabila jatuh dari ketinggian dua hingga lima meter. Namun, di atas jarak tinggi tersebut, kemungkinan besar kucing tidak akan bisa menyelamatkan dirinya. Hal ini dikarenakan tulang-tulang reflek yang dimiliki kucing juga memilki batas kemampuannya untuk menahan dan merefelksikan tekanan.

BACA JUGA:Menjengkelkan Tingkah Kucing Berak Sembarangan di Pekarangan Rumah, Inilah 5 Solusi Mengusir dengan Cara Halus

2. Kumis 'ajaib' untuk mendeteksi getaran dan bahaya

Untuk bisa merasakan bahaya dan getaran di sekitar tempat berpijaknya, bahkan jauh sebelum bahaya dan getaran itu datang, kucing menggunakan kemampuan alami dari kumis 'ajaib' miliknya.

Kumis yang terletak pada hidung kucing, pada dasarnya adalah bulu yang menjadi organ saraf sensorik utama bagi kucing. Artinya, setiap tempat yang menjadi tujuan kucing, akan diarahkan melalui kumis kucing untuk bisa sampai pada tujuannya. 

Oleh karenanya, haram hukumnya untuk kamu yang memiliki kucing untuk menggunting kumis kuncing-mu. Karena pada dasarnya kumis kucing adalah organ sensor utama, sama seperti mata kedua bagi kucing, jika kamu mencukurnya, maka kucing bisa kehilangan keseimbangan saat bergerak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: