Rumah Rusak Berat karena Pergerakan Tanah di Maleber Kuningan

Rumah Rusak Berat karena Pergerakan Tanah di Maleber Kuningan

Pergerakan tanah mengakibatkan sebuah rumah rusak berat di Desa Cipakem, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan.-BPBD-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Satu unit rumah di Desa Cipakem, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan mengalami rusak berat karena pegerakan tanah.

Menurut informasi dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan, rumah milik Kasan (50) tersebut ambruk karena tanah bergeser.

Selain itu, terjadi juga tanah longsor yang menimpa tembok rumah warga lainnya yakni Ahmad (60).

Kejadian longsor tersebut dipicu oleh hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang mengakibatkan pergerakan tanah dan longsor.

BACA JUGA:34 Desa, 15 Kecamatan di Kuningan Diterjang Banjir hingga Longsor Selama Cuaca Ekstrem

Kondisi serupa juga terjadi di beberapa desa lainnya yang memiliki kemiringan tertentu.

Saat ini, penanganan sudah dilakukan dengan penyediaan kebutuhan darurat mendesak beserta logistik serta material bangunan.

"Jadi untuk korban rumah yang rusak berat yakni Pak Kasan, kini tinggal sementara di rumah saudaranya bersama dengan tiga anggota keluarganya," kata Kepala BPBD Kabupaten Kuningan, Indra Bayu Permana, akhir pekan kemarin.

Dijelaskan dia, rumah yang mengalami rusak berat berukuran 6 meter x 9 meter. Termasuk longsor pada tebing kebun dengan ukuran tinggi 15 meter dan panjang 8 meter.

BACA JUGA:120 Menit Laga Ugal-ugalan, Manchester United Lolos ke Semifinal Piala FA, Taklukan Liverpool 4-3

Kemudian rumah lain yang terdampak adalah bagian halaman depan tertimpa longsoran dengan ukuran tinggi 4 meter, panjang 4 meter, dan lebar 3 meter.

Dalam upaya penanganan darurat, aparat desa telah berkoordinasi dengan Kecamatan, TNI, Polri, dan BPBD Kuningan.

Tim BPBD Kuningan turut menurunkan Tim Assessment dan Bantuan Logistik, sementara aparat desa dibantu oleh masyarakat setempat melakukan pembongkaran sebagian bangunan dan pembersihan material longsoran.

Adapun kebutuhan darurat yang mendesak saat ini adalah logistik dan material bangunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: