Inilah Jenis Kucing yang Dipercaya Membawa Keburukan Jika Dipelihara Menurut Kebudayaan Jawa

Inilah Jenis Kucing yang Dipercaya Membawa Keburukan Jika Dipelihara Menurut Kebudayaan Jawa

jenis kucing yang buruk dipelihara menurut adat jawa-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Dalam kebudayaan Jawa, terdapat keyakinan kuat tentang jenis kucing tertentu yang dianggap membawa keburukan jika dipelihara.

Salah satu jenis kucing yang paling sering dikaitkan dengan mitos tersebut adalah kucing hitam.

Ia dipercaya sebagai hewan peliharaan dapat membawa malapetaka dan juga nasib buruk bagi pemiliknya atau yang memeliharanya.

Kepercayaan ini telah tertanam dalam budaya Jawa sejak zaman dahulu kala, di mana masyarakat sering mengaitkannya dengan hal-hal mistis.

Hal ini membuat sebagian orang Jawa memilih untuk menjauhi kucing hitam agar terhindar dari kemungkinan-kemungkinan buruk yang dapat datang bersamanya.

BACA JUGA:Anabul Sehat! Yuk Ketahui 6 Jenis Ikan yang Bagus Untuk Dijadikan Makanan Kucing

Namun, ternyata masih ada banyak jenis atau warna kucing yang ternyata akan memberikan keburukan jika dipelihara.

Informasi ini kami kutip dari salah satu jurnal milik Mirya A. (2017) yang bertajuk 'Serat Ngalamating Kucing : Mitos Kucing Dalam Budaya Jawa'

Serat Ngalamating Kucing merupakan sebuah naskah lama dari kebudayaan Jawa atau adat Jawa yang menjelaskan serta menunjukan keistimewaan seekor kucing.

Naskah tersebut terdiri dari 24 bait yang berisikan mitos seputar kucing, dari mulai tingkah laku, warna bulu, hingga jenis kucing yang baik ataupun buruk untuk dipelihara.

BACA JUGA:Praktis Banget! Inilah 3 Cara Mengusir Kucing Liar Tanpa Menyakitinya

Dalam artikel kali ini kami akan merangkum apa saja jenis kucing yang akan membawa keburukan atau buruk untuk dipelihara menurut naskah Serat Ngalamating Kucing.

1. Putra Kajetaka (Kucing Hitam Ekor Panjang)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing hitam memang seringkali dikaitkan dengan hal-hal mistis, bahkan tidak dianjurkan untuk dipelihara karena akan membawa nasib buruk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: