Bukan Cuman Harimau Jawa! 3 Hewan Endemik di Indonesia Ini Kembali Ditemukan Setelah Dinyatakan Punah

Bukan Cuman Harimau Jawa! 3 Hewan Endemik di Indonesia Ini Kembali Ditemukan Setelah Dinyatakan Punah

hewan punah indonesia yang ditemukan kembali-Foto by Radarkuningan.com-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Selain harimau Jawa, ternyata ada beberapa hewan endemik di Indonesia yang sudah dinyatakan punah namun telah ditemukan kembali di Indonesia lho.

Baru-baru ini beredar sebuah kabar mengejutkan tentang dugaan kembalinya hewan endemik Indonesia yang sudah dinyatakan punah, yaitu Harimau Jawa.

Kabar ini dikuatkan oleh penemuan sehelai bulu harimau yang ditemukan di Desa Cipendeuy, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi pada tahun 2019.

Temuan bulu itu langsung diteliti dan diriset secara mendalam oleh tim Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN

Pada bulan Maret 2024 ini BRIN telah menyatakan bahwa bulu tersebut mirip dengan DNA milik Panthera tigris sondaica atau lebih dikenal dengan nama Harimau Jawa.

Walaupun masih ada belum pembuktian secara pasti seperti tangkapan foto penampakan harimau jawa ini.

Akan tetapi dengan ditemukannya sehelai bulu ini, bisa menjadi bukti dugaan bahwa harimau jawa ini masih bertahan hidup dan berkeliaran di hutan Indonesia.

Sekilas info, harimau jawa telah dinyatakan punah pada tahun 1980-an akibat perburuan liar dan juga penggundulan hutan secara besar-besaran.

Kendati demikian, masih ada beberapa masyarakat yang tinggal di pinggiran hutan mengaku telah melihat raja hutan yang satu ini.

Selain harimau jawa, ternyata ada beberapa hewan endemik di Indonesia yang sudah dinyatakan punah tapi telah ditemukan kembali di alam liar. Berikut adalah rangkumannya untuk anda.

1. Coelacanth

Coelacanth merupakan salah satu jenis ikan sudah dinyatakan punah, bagaimana tidak ikan ini termasuk hewan purba yang sudah hidup sekitar 400 juta tahun yang lalu.

Bahkan, ikan ini sudah menjadi sebuah fosil di beberapa museum hewan purba di dunia.

Hingga pada akhirnya, ikan ini ternyata telah ditemukan dengan keadaan masih hidup dan berenang bebas di lautan Afrika Selatan pada tahun 1938.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: