Bukan Hanya Harimau! Inilah 5 Hewan Yang Terancam Hampir Punah Di Indonesia, Apa Saja?

Bukan Hanya Harimau! Inilah 5 Hewan Yang Terancam Hampir Punah Di Indonesia, Apa Saja?

Hewan yang terancam hampir punah di Indonesia-radarkuningan.com-istimewa

RADARKUNINGAN.COM- Berikut beberapa deretan hewan yang terancam hampir punah di Indonesia.

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan hayati, bahkan menjadi rumah bagi beragam jenis satwa endemik.

Dalam hal ini, Indonesia memimpin kekayaan mamalia. Dengan lebih dari 500 jenis mamalia yang beraneka ragam. Dan fakta lainnya adalah negara Indonesia menjadi rumah bagi lebih dari 1.500 jenis burung loh!

Namun, meski demikian, Indonesia juga dinyatakan memiliki daftar panjang satwa liar yang terancam punah. Yuk simak, deretan hewan yang terancam hampir punah di Indoensia, apa saja?

BACA JUGA:5 Cara Merawat Tanaman Lidah Mertua di Dalam Ruangan, Mudah dan Bisa Dilakukan Pemula Sekalipun

5 Hewan Terancam Hampir Punah Di Indonesia

1. Harimau Jawa

Hewan yang terancam hampir punah di Indoensia atau bisa dikatakan sudah punah adalah harimau jawa. Pada tahun 1980-an, harimau Jawa resmi dinyatakan punah, hingga saat ini belum diketahui penyebabnya. 

Sebenarnya, pada tahun 1940-an pemerintah Indonesia berupaya menyelamatkan harimau Jawa dengan membentuk beberapa taman nasional. Namun hal tersebut tidak berhasil, karena faktor krusial.

Dan tepat pada tahun 1950-an, keadaan semakin memburuk. Dimana hanya tersisa sekitar 25 ekor harimau Jawa di alam liar. Dan pada tahun 1972, hanya tersisa tujuh ekor harimau Jawa, sebuah angka yang sangat menggambarkan kepunahan.

2. Tikus Gua Flores

Selanjutnya adalah Tikus Gua Flores yang dalam bahasa ilmiah dikenal sebagai Spelaeomys florensis, keberadaannya hanya melalui fosil di gua-gua Liang Toge dan Liang Bua di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Menurut sumber terdahulu tikus ini resmi dinyatakan punah pada ada tahun 1996. Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa kepunahan Tikus Gua Flores mungkin telah terjadi jauh sebelum tahun 1500 Masehi.

BACA JUGA:10 Rekomendasi Destinasi Wisata Populer di Kuningan Jawa Barat yang Cocok Untuk Libur Lebaran

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: