Punah Puluhan Tahun Lalu, Begini Kisah Harimau Bali : Kucing Besar Eksotis Penghuni Hutan Pulau Dewata

Punah Puluhan Tahun Lalu, Begini Kisah Harimau Bali : Kucing Besar Eksotis Penghuni Hutan Pulau Dewata

harimau bali punah-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Harimau Bali (Panthera tigris balica) adalah salah satu subspesies Harimau yang dulunya mendiami pulau Bali, Indonesia.

Namun, seiring dengan perubahan lingkungan dan aktivitas manusia yang merusak habitatnya, harimau Bali kini dianggap punah.

Meskipun demikian, warisan dan keberadaannya tetap memberikan pembelajaran penting tentang konservasi satwa liar dan keanekaragaman hayati.

Asal Usul Harimau Bali

Harimau Bali adalah bagian dari keluarga harimau (Panthera tigris), yang tersebar luas dari Asia Timur hingga Asia Tenggara.

BACA JUGA:Kesaksian Warga di Kabupaten Kuningan Pernah Lihat Harimau Jawa, Mulai dari Ciniru, Hantara hingga Salajambe

Subspesies ini dulunya ditemukan di Pulau Bali, sebuah destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alam dan budayanya yang kaya.

Karakteristik dan Habitat

Harimau Bali memiliki ciri khas fisik yang mirip dengan harimau lainnya, meskipun ukurannya cenderung lebih kecil.

Bulu mereka sering kali berwarna kuning kecoklatan dengan garis-garis gelap, dan memiliki corak yang unik di setiap individu.

Habitat alaminya meliputi hutan hujan tropis dan pegunungan, tempat di mana mereka memburu mangsanya yang meliputi rusa, babi hutan, dan monyet.

BACA JUGA:2 Kucing Besar Terkecil, Inilah Perbedaan Harimau Jawa dan Harimau Bali yang Sama-Sama Dinyatakan Punah

Sayangnya, harimau Bali menjadi mangsa dari perburuan berlebihan dan perusakan habitat yang disebabkan oleh ekspansi manusia.

Perburuan untuk keperluan perdagangan dan kerusakan habitat akibat pertanian, perkebunan, dan pembangunan infrastuktur telah mempersempit ruang hidup harimau Bali hingga titik kepunahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: