Mungkinkah Harimau Jawa Selamat dari Kepunahan? Kesaksian Warga di Kuningan Tahun 2016 Masih Ada

Mungkinkah Harimau Jawa Selamat dari Kepunahan? Kesaksian Warga di Kuningan Tahun 2016 Masih Ada

Ada indikasi harimau jawa selamat dari kepunahan seiring temuan dari sampel DNA pada sehelai rambut di Sukabumi. Foto Harimau Jawa di Ujung Kulon.-Foto: Andries Hoogerwerf (29 August 1906 – 5 February 1977)/Wikimedia Commons-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Harimau Jawa atau panthera tigris sondaica sudah puluhan tahun divonis mengalami kepunahan. Mungkinkah kembali lagi di alam liar?

Harimau Jawa merupakan jenis harimau endemik di Pulau Jawa dan berkerabat dengan Harimau Sumatera (panthera tigris sumatrae) dan Harimau Bali (panthera tigris balica).

Namun dari subspesies harimau di Indonesia, saat ini hanya tinggal Harimau Sumatera yang masih menunjukkan eksistensinya di alam liar.

Sedangkan Harimau Bali maupun Harimau Jawa sudah lama divonis punah. Bahkan, sejak tahun 1980-an kedua jenis harimau di Indonesia itu, dianggap sudah tidak ada di alam liar.

BACA JUGA:Terkenal Nakal Dan Penuh Aksi, Ternyata Ini Makna Perilaku Kucing Kampung Oranye Yang Belum Kamu Ketahui

Union for Conservation of Nature (IUCN) Red List 2008 dan 2013 juga memasukan Harimau Jawa dalam daftar satwa yang sudah punah.

Kendati demikian, baru-baru ini ada harapan terkait keberadaan Harimau Jawa di alam liar, khususnya di area hutan di pedalaman Kabupaten Sukabumi.

Salah satunya lewat tes DNA pada sampel bulu yang meski hanya 1 helai, tetapi terindikasi bahwa jenis karnivora besar tersebut masih ada di alam liar.

Lewat Publikasi ilmiah Cambridge Press dengan judul: Is the Javan Tiger Panthera Tigris Sondaica Extant? DNA Analysis of a recent hair sample, memberi harapan Harimau Jawa selamat dari kepunahan.

BACA JUGA:Ternyata Tidak Sulit, Ini Cara Mudah Menidurkan Kucing Peliharaanmu, Simak Untuk Penjelasannya

Laporan penelitian itu dibuat oleh tim peneliti Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN), Wirdateti, Yulianto, Kalih Raksasewu dan Bambang Adriyanto.

Penelitian dengan menganalisa sampel DNA tersebut merupakan jalan untuk mengetahui keberadaan Harimau Jawa.

Sebab, tes DNA merupakan motode ilmiah yang memiliki tingkat akurasi tinggi dan dapat menjadi bukti dari keberadaan Harimau Jawa.

Pasalnya, selama ini masih banyak dijumpai laporan warga yang mengaku bertemu Harimau Jawa di berbagai daerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: