6 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong agar Tidak Merambat dan Merusak Benda di Sekitar

6 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong agar Tidak Merambat dan Merusak Benda di Sekitar

6 Tips Merawat Tanaman Janda Bolong agar Tidak Merambat dan Merusak Benda di Sekitar-ist/Home to Heather-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Janda bolong (Monstera adansonii) adalah tanaman hias semi epfit yang menumpang pada tanaman lain agar bisa tumbuh atau membutuhkan media agar bisa tumbuh.

Oleh karenanya kalian perlu berhati-hati jika memelihara tanaman hias ini, diperlukan cara merawat tanaman janda bolong agar tidak merambat untuk memeliharanya.

Tanaman janda bolong, juga disebut Monstera deliciosa, adalah tanaman hias yang populer karena daunnya yang besar dan berlobus. 

Meskipun tanaman sering dibiarkan merambat di alam, pemilik rumah sering ingin menjaga tanaman ini agar tidak merambat terlalu banyak. 

BACA JUGA:Buat Tidur Makin Terlelap, Ini Dia 7 Tanaman Indoor Penghasil Oksigen di Malam Hari

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Indoor Penghasil Oksigen Alami, Apa Saja Jenisnya?

Cara terbaik untuk menjaga tanaman janda bolong di dalam pot agar tidak terlalu merambat adalah sebagai berikut, simak 6 tips merawat tanaman janda bolong agar tidak merambat berikut.

1. Siapkan media tanam

Cara pertama merawat tanaman janda bolong agar tidak merambat ke dinding atau benda di sekitar adalah dengan menyediakan media tanam.

Untuk memastikan bahwa janda bolong tumbuh dengan baik dan sehat, pastikan untuk menyiapkan media tanam yang baik, termasuk kompos, pupuk kandang, sekam bakar, dan tanah liat dalam proporsi 1:1. 

Atau kalian juga bisa menggunakan komposisi lainnya seperti ini. Isi pot dengan tanah kurang lebih 1/3 bagian kemudian masukkan tanaman yang ingin ditanam. 

BACA JUGA:Buat Ruangan Jadi Makin Sejuk, Ini Dia 5 Rekomendasi Tanaman Hias Penghasil Oksigen Alami

BACA JUGA:5 Tanaman Hias Pembersih Udara; Nikmati Rumah Bebas Polutan!

Isi kembali dengan tanah namun jangan sampai mencapai puncak pot. Sisakan kurang lebih 2cm agar ketika disiram, air tidak akan meluber.

2. Pastikan tanah tetap lembab

Untuk merawat tanaman dengan baik, tanah harus tetap lembap. Jangan biarkan tanah kering, karena akan mengurangi kualitas daun janda bolong. 

3. Siapkan perlengkapan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: