Jalan Cipasung - Subang Sempat Longsor, Perlu 2 Hari Keruk Material Tanah yang Timbun Badan Jalan

Jalan Cipasung - Subang Sempat Longsor, Perlu 2 Hari Keruk Material Tanah yang Timbun Badan Jalan

Longsor di Jalan Cipasung - Subang sempat membuat akses terputus selama 2 hari, sebelum dapat dilalui kembali pada Minggu, 14, April 2024.-Forkopim Pemkab Kuningan-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Jalan Cipasung - Subang sempat mengalami longsor yang membuat akses di Blok Camas dan Honje tertutup.

Lokasi longsor berada di perbatasan Desa Padahurip dan Cantilan yang membuat akses jalan terputus selama kurang lebih 2 hari.

Pergerakan tanah tersebut menimbulkan tutupan material tanah yang cukup tebal dan membuat akses jalan terputus sementara waktu.

Pembersihan material longsor tersebut berkejaran dengan arus balik lebaran, di mana masyarakat Kabupaten Kuningan juga banyak yang bersilaturahmi maupun mudik ke Kecamatan Subang dan sekitarnya.

BACA JUGA:6 Cara Merawat Tanaman Kuping Gajah Agar Tidak Mudah Layu, Begini Caranya!8

Upaya pembersihan selama 2 hari membuahkan hasil dan mulai Minggu pagi, 14, April 2024, Jalan Subang - Cipasung sudah bersih dari material longsor dan dapat kembali dilintasi akendaraan.

"Alhamdulillah sudah bisa lewat, mobil saya yang paling pertama melintas," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kuningan, Dian Rachmat Yanuar yang meninjau lokasi, Minggu, 14, April 2024.

Menurut dia, akses jalan tersebut sangat penting karena menjadi p*enghubung ke desa di sekitar Kecamatan Subang.

Apalagi di momen Idul Fitri, di mana banyak masyarakat melakukan perjalanan untuk silaturahmi kepada sanak keluarga.

BACA JUGA:6 Keuntungan Menanam Tanaman Kuping Gajah Sebagai Tanaman Hias, Apa Saja?

Setelah menyingkirkan material tanah longsor, pembersihan dilakukan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan UPTD Pemadam Kebakaran (Damkar).

Sebab, badan jalan tertutup material tanah dan membuat permukaan aspal menjadi lebih kicin.

Salah seorang warga yang sempat tertahan karena longsor, Irwan mengaku lega karena akses tersebut sudah dapat dilintasi kendaraan.

"Alhamdulillah penanganan longsor cepat, jadi sudah bisa dilewati kendaraan. Semoga tidak longsor lagi," kata warga Kecamatan Subang tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: