Ada Rasa Pahit-pahitnya, Bunga Pepaya Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Anti Jamur – Anti Kanker

Ada Rasa Pahit-pahitnya, Bunga Pepaya Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Anti Jamur – Anti Kanker

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan yang memiliki banyak kandungan senyawa seperti anti oksidan hingga anti kanker.-Rini Felisia - Tangkapan layar-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM – Di balik rasanya yang pahit, ternyata bunga pepaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan bisa menjadi bahan pangan.

Masyarakat memang sudah mengenal banyak versi olahan dari bunga pepaya dan berbagai resep makanan.

Mulai dimasak dengan cara tumis, gulai hingga yang paling sederhana adalah oseng-oseng.

Pengolahan minimalis ini, dapat membuat kandungan gizi pada bahan makanan tetap terjaga dan dapat memberikan manfaat untuk kesehatan.

Kandungan senyawa pada bahan makanan ini, salah satunya ditulis pada karya ilmiah dengan judul: Kajian Kandungan dan Aktivitas Biologis Senyawa Bioaktif Bunga Pepaya (Carica papaya L.)

Penulisnya adalah Misael Chandra dari Departemen Teknologi Pangan dan hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Gadjah Mada.

Dijelaskan bahwa bunga pepaya mengandung berbagai kelompok senyawa bioaktif seperti fenolik, flavonoid, tanin, saponin, terpenoid, dan glikosida dalam berbagai pelarut ekstrak.

Senyawa tersebut diketahui memiliki aktivitas anti oksidan, anti kanker, anti bakteri, anti jamur, anti diabetik, dan inhibitor tirosinase.

Bunga pepaya berpotensi sebagai sumber bahan alam yang terjangkau, namun berdampak baik bagi kesehatan.

Meskipun demikian, Misael Chandra menuliskan bahwa diperlukan lebih banyak uji in vivo dan uji klinis untuk membuktikan khasiat bunga papaya.

Kemudian mendorong pengembangan lebih lanjut menjadi produk pangan fungsional/obat tradisional.

Manfaat dari bunga pepaya juga tertulis pada Media Litbangkes Vol. V No. 02/1995 yang ditulis oleh Heru Yuniati dari Puslitbang Gizi, Bogor.

Menurutnya, hampir seluruh bagian dari tanaman pepaya memiliki manfaat bila diolah dan dikonsumsi dengan cara yang benar.

Pada bagian daun, meski dikenal pahit tetapi bisa dikonsumsi untuk makanan setelah dimasak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: