Ada Rasa Pahit-pahitnya, Bunga Pepaya Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Anti Jamur – Anti Kanker

Ada Rasa Pahit-pahitnya, Bunga Pepaya Ternyata Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Anti Jamur – Anti Kanker

Manfaat bunga pepaya untuk kesehatan yang memiliki banyak kandungan senyawa seperti anti oksidan hingga anti kanker.-Rini Felisia - Tangkapan layar-radarkuningan.com

Daun ini, dikenal memiliki khasiat untuk menambah nafsu makan, kemudian melancarkan ASI untuk ibu menyusui.

Bagian bunga jantan pepaya juga dapat dijadikan sayuran dan obat. Diantaranya manfaatnya adalah penambah nafsu makan bagi anak-anak.

Rebusan dari bunga ini juga sering dipakai untuk obat menyembuhkan penyakit kuning.

Kandungan yang bermanfaat lainnya adalah pada bagian getah. Diketahui terdapat senyawa papain.

Senyawa ini dapat membantu melunakan daging menjadi lebih empuk. Bahkan dimanfaatkan juga sebagai bahan pembuat permen karet.

Penelitian tersebut mendorong pemanfaatan beragam bagian dari pepaya mulai dari daun, batang, bunga, getah hingga buahnya sebagai bahan pangan yang bernilai gizi tinggi.

Kemudian diperlukan penelitian lebih lanjut dalam penggunaannya sebagai obat-obatan herbal, kendati banyak orang tua di zaman dahulu sudah menggunakannya sebagai jamu.

Tips Supaya Tidak Pahit

Untuk Anda yang ingin mengolah bahan makanan alami ini supaya tidak pahit, terdapat beberapa tips yang bisa digunakan.

Pertama merebus dengan campuran air garam. Kedua, direbus selama kurang lebih 10 sampai dengan 15 menit dengan campuran asam jawa.

Keberadaan asam jawa dapat menyerap rasa pahit yang berasal dari getah.

Ketiga, rendam menggunakan air garam hangat selama beberapa menit. Setelah itu, dicuci dengan air bersih agar tidak terlalu asin.

Bahan lain yang dapat digunakan adalah baking soda. Rebus pada air yang sudah dicampur bahan tersebut selama beberapa menit.

Anda tertarik mengolah masakan dari bunga papaya? Meski ada rasa pahit-pahitnya, ternyata punya banyak manfaat untuk kesehatan, anti jamur hingga anti kanker.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: