Mengenal 4 Karakteristik Ular Tanah, Jenis Ular Sawah yang Sering Masuk Rumah, Hati-hati Berbahaya!

Mengenal 4 Karakteristik Ular Tanah, Jenis Ular Sawah yang Sering Masuk Rumah, Hati-hati Berbahaya!

Ular Tanah, Jenis Ular Sawah yang Berbahaya-Greeners.co-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM-  Salah satu jenis ular yang sering masuk rumah adalah jenis ular sawah. Ular sawah ini sebutan untuk jenis-jenis ular yang habitatnya di pesawahan.

Seperti salah satunya yang familiar adalah ular tanah. Ular tanah ini jenis ular sawah yang banyak ditemukan bahkan di lingkungan sekitar kita.

Bagi kamu yang tinggal di rumah yang berdekatan dengan sawah, perlu berhati-hati dengan jenis ular yang satu ini. Sebab ular tanah termasuk jenis ular sawah yang berbisa.

Ular tanah memiliki bisa yang mengandung bahan anti-koagulan yang dapat mencegah pembekuan darah. Selain itu, gigitan ular tanah sangat menyakitkan, bisa menyebabkan pembengkakan, bahkan menyebabkan kematian jaringan.

BACA JUGA: Pastikan Rumah Aman dari Reptil Berbisa, Gunakan 5 Bau yang Ditakuti Ular Berikut ini!

Meski jarang terjadi gigitan fatal, namun banyak korban gigitan ular tanah mengalami kerusakan atau disfungsi anggota badan.Beberapa di antaranya bahkan harus diamputasi, karena tidak ada serum anti-bisa.

Sehingga keberadaan ular tanah ini sangat perlu diwaspadai. Mengingat risiko yang ditimbulkannya.

Untuk mengenal lebih dekat tentang ular tanah, berikut ciri-ciri ular tanah, jenis ular sawah yang sering ditemukan di sekitar rumah, yaitu:

1. Ukuran tubuh

Ular tanah merupakan spesies yang memiliki ukuran tidak terlalu besar, pipih, cenderung gemuk, agak pendek, dan ramping. 

BACA JUGA: Bukan Hanya Meletus, Gunung Ciremai Pernah Picu Longsor dan Banjir, Termasuk Gempa Bumi Merusak

Biasanya ular tanah memiliki panjang 76 cm, dan ular betina sekitar lebih panjang dari ular jantan. Namun, ada jenis ular tanah yang bisa mencapai ukuran 60 cm.

Ular tanah memiliki jumlah kaki sedikit, yaitu hanya dua kaki. Meskipun disebut ular tanah, namun ular ini lebih mirip dengan cacing karen.

2. Warna dan tekstur kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: