Bijak Yuk Dalam Memilih Tanaman Hias Untuk Ditanam, Pasalnya Ada 5 Jenis Tanaman Yang Disukai Ular

Bijak Yuk Dalam Memilih Tanaman Hias Untuk Ditanam, Pasalnya Ada 5 Jenis Tanaman Yang Disukai Ular

jenis tanaman yang disukai ular-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Ular merupakan salah satu reptil yang kehadirannya banyak orang khawatir serta takut dengan hewan ini.

Melansir situs resmi kementerian kesehatan Indonesia memiliki 350 sampai 370 spesies ular dimana 77 jenis diantaranya adalah jenis ular yang berbisa. Angka insiden setiap tahun diperkirakan sekitar 135.000 kasus berdasarkan laporan sepanjang10 tahun terakhir yang dilakukan oleh Indonesia Toxinology Society dengan angka kematian 10% pertahun.

Data tersebut di atas masih belum bisa menggambarkan keadaan yang sebenarnya karenahanya berdasarkan laporan dari para klinisi di lapangan yaitu dari Rumah Sakit dan Puskesmas serta dari masyarakat dan belum dikumpulkan secara resmi oleh Kementerian Kesehatan (Maharani, 2021). 

Ular sangat menyukai tempat yang tersembunyi dan jarang dijangkau oleh manusia, tempat itu ternyata dijadikan ular untuk menunggu mangsa dan menerkamnya, salah satunya adalah tanaman. Rupaya ada jenis tanaman yang disukai ular, tanaman ini digunakan ular untuk berkamuflase dari predator dan sebagai tempat mencari mangsa.

BACA JUGA:Sangat Ampuh! Ternyata Begini Cara Mencegah Ular Kobra Masuk Rumah, Wajib Coba

Berikut 5 Tanaman Yang Disukai Ular

1.Semak Belukar

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam "Journal of Wildlife Management" pada tahun 2017 menemukan bahwa semak juga menjadi tempat bersarang favorit bagi jenis ular tertentu.

Cabang-cabang yang lebat dan dedaunan yang lebat memberi ular perlindungan yang baik untuk bersembunyi dari pemangsa dan mencari makanan. Beberapa ular, seperti ular boa, sering menggunakan semak-semak sebagai tempat bersarang dan beristirahat.

BACA JUGA:Waspada! 5 Tanaman Ini Bisa Mengundang Ular Masuk Rumah

2.Tanaman Merambat

Penelitian yang dilakukan para peneliti di “Journal of Tropical Ecology” tahun 2018 menunjukkan bahwa tanaman merambat kerap menjadi tempat bersarangnya beberapa jenis ular, terutama di kawasan kawasan hutan tropis.

Batangnya yang panjang dan dahannya yang bercabang memberi ular tempat persembunyian yang baik untuk bersembunyi dan mencari mangsa. Tanaman merambat juga sering digunakan sebagai tempat bertelur beberapa ular.

3.Pohon dengan daun yang rimbun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: