Inilah 5 Cara Praktis Membuat Tikus Kabur Dari Rumah Dengan Bahan Dapur, Yuk Simak Selengkapnya

Inilah 5 Cara Praktis Membuat Tikus Kabur Dari Rumah Dengan Bahan Dapur, Yuk Simak Selengkapnya

cara praktis mengusir tikus dengan bahan dapur-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Dilansir dari situs resmi kementerian kesehatan Di balik kehidupan sehari-hari kita, tikus bisa menjadi lebih dari sekadar gangguan rumah tangga. Mereka bisa menjadi harapan penyakit yang serius, menyelinap di tempat-tempat yang kurang terlihat, dan membawa risiko kesehatan masyarakat.

Tikus merupakan hewan kosmopolitan (menempati hampir di semua habitat), yang dapat ditemukan baik di lingkungan rumah, hutan, hingga lingkungan berair. Aktivitas tikus biasanya bertujuan untuk mencari makan, minum, orientasi, dan mencari pasangan.

Kebutuhan yang sering didapatkan tikus di lingkungan rumah adalah sumber pakan, tempat bersarang, dan tempat berlindung. 

Ada berbagai cara praktis membuat tikus kabur dari rumah dengan bahan dapur, bahan-bahan ini tidak disukai tikus karena bau atau aromanya yang menyengat, selain itu bau-bau ini juga dapat mengusir hewan hama lainnya seperti kecoak.

BACA JUGA:Baunya Bikin Enek Tikus, Ini Dia 6 Bahan Alami Yang Tidak Disukai Tikus, Cocok Untuk Mengusir Tikus Dari Rumah

Berikut 5 Cara Praktis Membuat Tikus Kabur Dari Rumah Dengan Bahan Dapur

1.Daun Jeruk Purut

Aroma segar dari daun jeruk purut tidak hanya menyegarkan, tetapi juga dapat membuat tikus merasa tidak nyaman. Menurut Journal of Tropical Life Science Research, daun jeruk purut mengandung senyawa-senyawa yang dapat mengusir tikus.

Untuk menggunakan daun jeruk purut sebagai pengusir tikus, Anda bisa menempatkannya di area yang sering dilewati oleh tikus atau di dekat lubang masuk mereka. Anda juga dapat menghancurkan beberapa daun jeruk purut dan menyebar pecahannya di sekitar area yang ingin Anda lindungi.

2.Minyak Peppermint

Minyak peppermint dikenal karena aromanya yang segar dan menyegarkan bagi manusia, namun tikus justru membencinya. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Pest Science pada tahun 2010, minyak peppermint telah terbukti efektif sebagai pengusir tikus. Senyawa aktif dalam minyak peppermint, seperti menthol dan menthone, diyakini mengganggu sistem saraf tikus dan membuatnya menghindari area yang diharuminya.

Cara penggunaannya sederhana. Anda cukup mencelupkan kapas ke dalam minyak peppermint murni dan menempatkannya di tempat-tempat yang sering dilewati oleh tikus, seperti sudut-sudut ruangan, sela-sela dinding, atau di dekat lubang tikus.

BACA JUGA:Jangan Asal! 4 Cara Membuang Bangkai Tikus di Plafon Rumah agar Tidak Meninggalkan Bau dan Penyakit

3.Cuka

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: