Baunya Bikin Enek Tikus, Ini Dia 6 Bahan Alami Yang Tidak Disukai Tikus, Cocok Untuk Mengusir Tikus Dari Rumah

Baunya Bikin Enek Tikus, Ini Dia 6 Bahan Alami Yang Tidak Disukai Tikus, Cocok Untuk Mengusir Tikus Dari Rumah

bahan alami yang tidak disukai tikus-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Pastinya kita sudah tidak asing lagi dengan kehadiran hewan pengerat yang sering dianggap hama oleh manusia yaitu tikus.

Melansir situs resmi kementerian kesehatan Indonesia tikus merupakan hewan kosmopolitan (menempati hampir di semua habitat), yang dapat ditemukan baik di lingkungan rumah, hutan, hingga lingkungan berair. Aktivitas tikus biasanya bertujuan untuk mencari makan, minum, orientasi, dan mencari pasangan. Kebutuhan yang sering didapatkan tikus di lingkungan rumah adalah sumber pakan, tempat bersarang, dan tempat berlindung. 

Tikus bisa menjadi lebih dari sekadar gangguan rumah tangga. Mereka bisa menjadi harapan penyakit yang serius, menyelinap di tempat-tempat yang kurang terlihat, dan membawa risiko kesehatan masyarakat.

Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengusir hewan penganggu ini, salah satunya menggunakan bahan alami yang tidak disukai tikus.

BACA JUGA:Risih Banyak Hama di Rumah? 4 Cara Membuat Pestisida dari Bawang Putih untuk mengusir Tikus dan Kecoak

BACA JUGA:Bukan Curut! Ternyata Inilah Jenis Tikus yang Paling Sering Ditemukan di Rumah Kita

Bau atau aroma yang dihasilkan bahan-bahan alami ini tidak disukai oleh tikus.

Berikut 6 Bahan Alami Yang Tidak Disukai Tikus

1.Cabai Rawit 

Tikus tidak menyukai rasa pedas dari cabai rawit. Anda bisa menaburkan cabai rawit di sekitar area yang ingin dilindungi dari tikus. Ingatlah untuk menutup retakan dan lubang agar tikus tidak kembali lagi setelah diganggu oleh aroma cabai rawit.

2.Minyak Peppermint

Tikus tidak menyukai bau mint yang menyengat. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Pest Science tahun 2010, minyak peppermint terbukti efektif mengusir tikus. Caranya, rendam bola kapas dalam minyak pepermin dan letakkan di tempat yang sering dikunjungi tikus.

BACA JUGA:Bisa Timbulkan 4 Penyakit Serius, Simak Bahaya Menghirup Bau Kencing Tikus untuk Kesehatan

BACA JUGA:Ini Dia 3 Cara Basmi Hama di Rumah Yang Sangat Ampuh, Buat Tikus dan Kecoak Lari Terbirit-Birit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: