Bukan Curut! Ternyata Inilah Jenis Tikus yang Paling Sering Ditemukan di Rumah Kita

Bukan Curut! Ternyata Inilah Jenis Tikus yang Paling Sering Ditemukan di Rumah Kita

jenis tikus rumah-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Selain kecoak dan cicak, salah satu hewan menjengkelkan yang serngkali kita temukan berkeliaran di dalam rumah adalah tikus.

Ternyata tikus rumahan atau tikus yang sering ditemukan di rumah terdiri dari beberapa macam jenis yang berbeda. Meski berbeda, mamalia atau hewan pengerat ini tetap memiliki sifat yang sama, yaitu sebagai perusak.

Di Indonesia setidaknya ada 3 jenis tikus yang paling sering dan paling mudah kita temukan di lingkungan perumahan, yaitu tikus atap, tikus got, dan juga tikus mencit.

Berikut kami berikan rangkuman penjelasan seputar jenis tikus yang sering ditemukan di rumah dan menjadi hama yang menjengkelkan untuk anda.

BACA JUGA:Baunya Buat Tikus Gak Tahan, Ini Dia 5 Aroma Yang Dibenci Tikus, Buat Tikus Kabur Dari Rumah!

1. Tikus Atap

Dilansir dari Petrokil, tikus atap (Rattus rattus) adalah spesies tikus yang paling pandai dalam memanjat. Jika anda sering mendengar suara-suara di atap rumah anda, bisa jadi dialah penyebabnya.

Panjang tikus atap sendiri berukuran 15-20 cm dengan panjang ekor sekitar 20 cm. Ya, panjang ekornya saja setara dengan panjang tubuhnya, dan jika ditotal, panjang dari tikus atap sendiri bisa mencapai lebih dari 40 cm.

Ia memiliki kemampuan berkembang biak dengan sangat cepat. Bahkan ketika melahirkan, seekor tikus betina dapat beranak sekitar 4 hingga 10 ekor. Selain itu, mereka juga bisa beranak kapan saja dan tidak bergantung pada musim.

2. Tikus Got

Tikus got (Rattus norvegicus) merupakan spesies tikus rumah terbesar dan yang paling sering anda jumpai di kota-kota besar. Bahkan tak jarang tikus ini terlihat tergeletak di tengah jalan akibat tertabrak oleh kendaraan bermotor.

BACA JUGA:5 Macam Racun Tikus yang Mudah Dibuat dan Ampuh Basmi Hama di Dalam Rumah

Sesuai dengan namanya, tikus ini sangat senang berkeliaran di sekiaran saluran pembuangan limbah ataupun got. Hal ini yang menjadikan ukuran dari tikus ini bisa berkembang dengan sangat besar.

Meski begitu, tikus got ini hanya memiliki pajang tubuh sekitar 15 sampai 25 cm dan memiliki ekor yang lebih pendek dari panjang tubuhnya. Tikus got tergolong tikus besar bukan karena panjangnya, melainkan dari berat dan ukuran tubuhnya yang relatif besar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: