Baunya Buat Tikus Gak Tahan, Ini Dia 5 Aroma Yang Dibenci Tikus, Buat Tikus Kabur Dari Rumah!

Baunya Buat Tikus Gak Tahan, Ini Dia 5 Aroma Yang Dibenci Tikus, Buat Tikus Kabur Dari Rumah!

aroma yang dibenci tikus-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Semua orang pastinya sudah mengetahui hewan pengerat yang menjadi hama baik di kebun ataupun rumah yaitu tikus.

Melansir situs resmi kementerian kesehatan Indonesia tikus bisa menjadi lebih dari sekadar gangguan rumah tangga. Mereka bisa menjadi harapan penyakit yang serius, menyelinap di tempat-tempat yang kurang terlihat, dan juga membawa risiko kesehatan masyarakat.

Tikus merupakan hewan kosmopolitan (menempati hampir di semua habitat), yang dapat ditemukan baik di lingkungan rumah, hutan, hingga lingkungan berair. Aktivitas tikus biasanya bertujuan untuk mencari makan, minum, orientasi, dan mencari pasangan. Kebutuhan yang sering didapatkan tikus di lingkungan rumah adalah sumber pakan, tempat bersarang, dan tempat berlindung. 

Ada beberapa cara dalam mengatasi hewan hama yang satu ini, salah satunya menggunakan aroma yang dibenci tikus, aroma-aroma ini memiliki bau yang cukup menyengat dan tidak disukai oleh tikus.

BACA JUGA:Bisa Timbulkan 4 Penyakit Serius, Simak Bahaya Menghirup Bau Kencing Tikus untuk Kesehatan

BACA JUGA:Saatnya Mengendalikan Hama Tikus dengan 4 Cara Efektif Ini!

Berikut 5 Aroma Yang Dibenci Tikus

1.Minyak Cengkeh 

Minyak cengkeh merupakan bahan alami lainnya yang dapat digunakan untuk mengusir tikus. Tikus tidak menyukai aroma minyak cengkeh yang menyengat, sehingga dapat digunakan sebagai pengusir tikus yang efektif.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Pest Management, minyak cengkeh terbukti efektif mengusir tikus dari pemukiman. Penelitian ini menunjukkan bahwa tikus cenderung menghindari area yang terkena aroma minyak cengkeh.

2.Minyak Lavender

Minyak lavender terkenal dengan wanginya yang lembut bagi manusia tetapi tikus tidak menyukainya. Aroma lavender yang kuat dapat membuat tikus tidak nyaman dan menjauhkannya dari area yang berbau menyengat.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Environmental Pollution and Scientific Research, minyak lavender terbukti efektif mengusir tikus dari area tertentu. Penelitian ini menunjukkan bahwa tikus cenderung meninggalkan area yang terkena aroma minyak lavender.

BACA JUGA:5 Makanan Favorit Tikus; Ayo Mengungkap Rahasia Selera Hewan Pengerat yang Gesit!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: