Sepintas Memang Mirip Nyamuk Pada Umumnya, Ini Dia 6 Ciri-Ciri Nyamuk Penyebar DBD, Yuk Waspada!

Sepintas Memang Mirip Nyamuk Pada Umumnya, Ini Dia 6 Ciri-Ciri Nyamuk Penyebar DBD, Yuk Waspada!

ciri-ciri nyamuk penyebar dbd-pinterest-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Memasuki musim hujan banyak hal yang harus kita persiapkan mulai dari datangnya banjir serta beberapa penyakit yang mungkin akan datang menghampiri.

Salah satu penyakit yang harus diwaspadai saat musim hujan adalah DBD (Demam Berdarah Dengue) adalah salah satu penyakit yang dibawa oleh nyamuk.

Melansir situs resmi kementerian kesehatan Indonesia tercatat per 1 Maret 2024 terdapat hampir 16.000 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di 213 Kabupaten/Kota di Indonesia dengan 124 kematian.

Salah satu nyamuk yang menyebarkan penyakit DBD adalah nyamuk jenis Aedes aegypti, sepintas nyamuk ini memang terlihat sama pada nyamuk pada umumnya, tetapi ada ciri-ciri nyamuk penyebar dbd yang berbeda dengan nyamuk biasanya.

BACA JUGA:Yuk Buat Rumah Menjadi Lebih Aman Dari Penyakit DBD! Berikut 6 Bau Alami Yang Tidak Disukai Nyamuk

BACA JUGA:Waspada! Memasuki Musim Hujan Kasus DBD Meningkat Tajam, Ini 2 Jenis Nyamuk Yang Menyebarkan DBD

Berikut 6 Ciri-Ciri Nyamuk Penyebar DBD

1.Tempat berkembang biak

Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus cenderung berkembang biak di tempat yang airnya tergenang, baik bersih maupun kotor.

Mereka dapat bertelur di genangan air di pot bunga, tangki air, bak mandi yang jarang digunakan, atau bahkan di botol dan kaleng bekas. Oleh karena itu, penting untuk membersihkan dan mengalirkan genangan air di sekitar rumah untuk mencegah berkembang biaknya nyamuk penular demam berdarah.

2.Warna dan bentuk tubuh

Nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus mempunyai ciri khas yang berbeda pada warna dan bentuk tubuh. Nyamuk Aedes aegypti pada tubuhnya berwarna hitam putih, begitu pula dengan garis-garis putih pada kaki dan tubuhnya.

Sedangkan nyamuk Aedes albopictus memiliki warna tubuh lebih gelap dengan bintik-bintik putih pada tubuh dan kaki. Perbedaan warna dan bentuk tubuh ini dapat membantu mengidentifikasi jenis nyamuk yang mungkin menularkan virus demam berdarah.

BACA JUGA:Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami dengan 9 Tanaman Pemilik Aroma Kuat, Apakah Kamu Sudah Punya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: