Berikut Jenis Tikus yang Sering Muncul di Rumah Kita, Pernah Lihat?

Berikut Jenis Tikus yang Sering Muncul di Rumah Kita, Pernah Lihat?

jenis tikus rumah-Foto via Pinterest-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Selain kecoak dan cicak, tikus seringkali menjadi hewan yang menjengkelkan dan berpotensi merusak di dalam rumah.

Namun, kita mungkin tidak menyadari bahwa tikus sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda, meskipun semuanya memiliki sifat perusak yang sama.

Di Indonesia, setidaknya ada tiga jenis tikus yang sering kita temui di lingkungan perumahan, yaitu tikus atap, tikus got, dan tikus mencit.

Mari kita bahas lebih lengkap tentang masing-masing jenis tikus rumah tersebut.

BACA JUGA:Bukan Cuma Kebersihan, Ini 5 Kebiasaan yang Mengundang Tikus Masuk ke Rumah yang Jarang Disadari

Tikus Got

Tikus got, atau Rattus norvegicus, adalah spesies tikus atau hewan pengerat rumah terbesar dan paling umum ditemui di kota-kota besar.

Bahkan, seringkali kita menemukan tikus ini tergeletak di jalan karena tertabrak kendaraan.

Tikus got senang berkeliaran di sekitar saluran pembuangan limbah atau got, yang membuatnya bisa tumbuh dengan ukuran yang besar.

Meskipun panjang tubuhnya hanya sekitar 15-25 cm, tikus ini termasuk tikus besar karena berat dan ukurannya yang relatif besar dibandingkan dengan tikus lainnya.

BACA JUGA:Cuma 5 Langkah, Ternyata Begini Cara Menggunakan Bubuk Kopi untuk Mengusir Tikus dari Rumah

Tikus Mencit

Tikus mencit, atau Mus musculus, adalah jenis tikus rumahan dengan ukuran tubuh paling kecil. Panjang tubuhnya berkisar antara 5 hingga 9 cm.

Seperti tikus atap, tikus mencit juga memiliki ekor yang lebih panjang dari tubuhnya. Tikus ini mudah dijumpai di kawasan perumahan dan perkotaan, dan populasinya kabarnya adalah yang terbesar kedua setelah manusia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: