6 Cara Merawat Tanaman Bonsai yang Tepat, Agar Tumbuh Baik dan Tetap Tampil Cantik, Pemula Wajib Simak!

6 Cara Merawat Tanaman Bonsai yang Tepat, Agar Tumbuh Baik dan Tetap Tampil Cantik, Pemula Wajib Simak!

6 Cara Merawat Tanaman Bonsai-Shuttershock-Radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM- Bonsai merupakan pohon yang sengaja dikerdilkan dengan tujuan membuat miniatur dari pohon asli yang besar.

Pohon bonsai ini memiliki bentuk unik yang menjadi daya tarik sendiri pada tanaman ini. Bonsai cocok diletakkan sebagai tanaman indoor maupun tanaman outdoor. 

Bahkan tanaman bonsai ini juga memiliki harga yang mahal. Semakin unik jenis tanaman, bentuknya, dan umurnya, maka semakin mahal pula harganya.

Merawat pohon bonsai juga bukan hal yang mudah. Tetapi dengan pengetahuan dan perawatan yang tepat, kamu bisa menikmati keindahan dan keunikan tanaman ini dalam jangka waktu yang lama.

BACA JUGA: Mengenal Tanaman Bonsai Termahal di Dunia, Seni dan Waktu Berpadu

Merawat tanaman bonsai perlu perhatian ekstra. Lalu bagaimana caranya?Berikut cara merawat pohon bonsai agar tumbuh dengan baik dan tampil cantik, yaitu:

1.Penyiraman

Salah satu cara merawat tanaman bonsai yaitu perlu memperhatikan frekuensi penyiraman. Bonsai harus disiram pada pagi atau sore hari agar akar bonsai yang tertanam dalam pot mendapat asupan udara.

Namun saat menyiram, jangan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan tumbuhnya jamur dan akar menjadi busuk. Selain itu, bonsai juga tidak boleh sampai kering karena bisa mati.

Cara memeriksa tingkat kelembaban dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam media tanam.

BACA JUGA: Gencarkan 3M Plus Menghindari Gigitan Nyamuk Aedes Aegypti, Agar Terhindar dari Penyakit DBD

2. penerangan

Tanaman bonsai juga memerlukan cahaya yang cukup. Namun, perlu diketahui untuk menjauhkan tanaman ini dari radiator atau jendela berani karena udara dingin dapat merusak daun.

Kamu bisa meletakkan tanaman bonsai di jendela yang menghadap selatan atau barat untuk memastikannya mendapat sinar matahari. Atau sebagai alternatifnya, gunakan lampu neon dan lampu pijar jika kekurangan cahaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: