6 Cara Merawat Tanaman Bonsai yang Tepat, Agar Tumbuh Baik dan Tetap Tampil Cantik, Pemula Wajib Simak!

6 Cara Merawat Tanaman Bonsai yang Tepat, Agar Tumbuh Baik dan Tetap Tampil Cantik, Pemula Wajib Simak!

6 Cara Merawat Tanaman Bonsai-Shuttershock-Radarkuningan.com

Selain itu peduli untuk memberi bonsai udara segar, tetesan hujan, atau sinar matahari belang-belang.

3. pemaparan

Cara merawat bonsai agar selalu tampil cantik yaitu perlu dilakukan pemangkasan pada cabang-cabang yang kurang baik. Pemangkasan juga dilakukan untuk mengendalikan cabang terlalu cepat.

BACA JUGA: 10 Alamat Warung Bakso di Indramayu yang Paling Favorit, Cek Lokasinya di Sini!

Ranting dan daunnya juga perlu dipangkas untuk membentuk bonsai sesuai keinginan. Kamu bisa memangkas bonsai sebulan sekali, jika pertumbuhannya tergolong cepat. Jika lambat, pemangkasan bisa dilakukan dua atau tiga bulan sekali.

4. Penggantian pot

Biasanya bonsai ditanam dalam pot yang dangkal. Oleh karena itu, untuk mendorong pertumbuhan akar barunya, bonsai pot perlu diganti.

Apalagi jika bonsai terus bertumbuh, diperlukan pot yang lebih besar. Selain itu, pastikan lubang pada pot yang dapat mengalirkan udara keluar agar akar bonsai tidak terendam udara.

5. Pengendalian hama dan penyakit

Kondisi kesehatan tanaman bonsai bisa dipengaruhi oleh hama dan penyakit. Hama dan penyakit ini akan menjadi pengganggu pada tanaman bonsai tersebut.

BACA JUGA: Harganya Capai Belasan Miliar Rupiah, Inilah 5 Bonsai Termahal di Dunia, Tertarik Koleksi?

Hewan pengganggu diantaranya seperti kucing, ayam. Sedangkan hama yang menyerang daunnya yaitu ulat, belalang, semut, tungau, kutu daun, atau serangga lainnya.

Oleh karena itu, hama dan penyakit tanaman bonsai harus segera dihilangkan.

Cara paling mudah menghilangkan hama yaitu dengan menyemprotkan pestisida, bakterisida, atau fungisida, tergantung pada tingkat keparahan dan jenis hama yang menyerang.

6. Pemupukan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: