Jarang Diketahui! Berikut 4 Penyakit Kucing yang Dapat Menular pada Manusia

Jarang Diketahui! Berikut 4 Penyakit Kucing yang Dapat Menular pada Manusia

Jarang Diketahui! Berikut 4 Penyakit Kucing yang Dapat Menular pada Manusia-photo by petmd-radarkuningan.com

Hati-hati ketika kamu hendak bermain kasar dengan hewan peliharaan kucing mu, karena kucing agresif yang dapat mencakar mu, mungkin dapat menularkan penyakit pada kita.

Dimana penyakit ini disebabkan oleh bakteri bernama bartonella henselae, yang berada di kuku dan juga mulut kucing.

BACA JUGA:Bahaya Mengangkat Kucing dengan Menarik Lehernya atau Scruffing, Ini Dampaknya untuk Anabul!

Gejala yang biasanya dimunculkan oleh infeksi bakteri ini, umumnya akan muncul beberapa hari setelah infeksi yang meliputi gejala seperti demam, kelelahan, sakit kepala, dan pembengkakan di sekitar area luka.

Oleh karena itu, menghindari cakaran dan gigitan kucing, serta menjaga kebersihan luka dengan baik jika terkena cakaran atau gigitan sangat penting untuk menghindari resiko penyakit satu ini.

4. Ringworm

Terkahir, ringworm atau kurap adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh infeksi jamur yang dapat menyerang kulit, rambut, dan kuku.

Pada hewan peliharaan kucing, umumnya kurap akan disebabkan oleh jamur dermatofit seperti Microsporum canis.

BACA JUGA:Ternyata Hal Sepele Ini Bisa Jadi Penyebab! Ini 3 Penyebab Kucing Mengalami Gagal Ginjal, Simak Penjelasannya

Dimana proses infeksi yang menular ke manusia umumnya dapat terjadi melalui kontak langsung dengan kucing yang terinfeksi atau dengan benda-benda yang telah terkontaminasi oleh jamur.

Infeksi jamur ini umumnya akan menyebabkan ruam melingkar merah dan gatal pada kulit kita. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan rambut rontok pada area yang terinfeksi.

Kita bisa mencegahnya dengan memperhatikan kebersihan lingkungan kucing, rutin membersihkan tangan setelah menyentuh kucing, dan menghindari kontak dengan kucing yang menunjukkan gejala infeksi kulit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: