Kabar Terbaru Pembangunan Jalan Tol Cirebon - Kuningan, Bakal Lewat Kaki Gunung Ciremai

Kabar Terbaru Pembangunan Jalan Tol Cirebon - Kuningan, Bakal Lewat Kaki Gunung Ciremai

Kabar terbaru pembangunan Jalan Tol Cirebon Kuningan. Foto hanya ilustrasi.-Yuda Sanjaya/Dok-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Kabar terbaru pembangunan Jalan Tol Cirebon - Kuningan yang akan dikerjakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (Kementerian PUPR).

Jalan Tol Cirebon - Kuningan merupakan fase lanjutan dari konektivitas jalan bebas hambatan yang terhubung dengan Tol Getaci atau Gedebage - Tasikmalaya - Cilacap.

Ruas tol ini, nantinya akan menjadi koridor timur akses jalan bebas hambatan yang menghubungkan wilayah selatan dengan utara.

Lalu, bagaimana rencana pembanguan Jalan Tol Cirebon - Kuningan? Kepala DPUTR Kabupaten Kuningan, Ir Putu Bagiasna MT menjelaskan bahwa sesuai rencana proyek tersebut akan dilaksanakan di tahun 2030.

BACA JUGA:Tikus Pusing Karena Baunya, Berikut 6 Bau Alami Yang Tidak Disukai Tikus

Menurut dia, sekarang ini proses perencana sudah mulai dilaksanakan Kementerian PUPR.

"Kemungkinan baru di tahun 2030 dilakukan pembangunan. Tapi itu kan semua bergantung kesiapan investor juga," kata Putu Bagiasna, kepada radarkuningan.com, Rabu, 22, Mei 2024.

Dihelaskan dia, akses tol ini akan membentang dari wilayah Kabupaten Cirebon ke Kuningan dan menyusuri wilayah kaki Gunung Ciremai.

"Rutenya itu di lereng Gunung Ciremai mulai dari Cirebon, Linggarjati, Gunung Keling, terus ke Cipasung," sebutnya.

BACA JUGA:Pegi Setiawan Ternyata Bukan Warga Banjarwangunan, Mungkinkan Andi dan Dani Juga Beda Alamat?

Di wilayah Kabupaten Kuningan rencananya akan dibangun interchange yakni di Kelurahan Cigadung sekaligus menjadi exit tol.

"Jadi tol ini nanti membentang dari Cirebon sampai ke Cipasung. Ada di kaki Gunung Ciremai, tapi masih di bawah area dari TNGC," tuturnya.

Tidak hanya itu, ruas tol ini akan melintasi Jalan Baru Cigugur - Cisantana dekat Resto Rageman yang ada di Desa Gunung Keling, Kecamatan Cigugur.

"Untuk exit tolnya sudah ditentukan, itu lokasinya ada di Kelurahan Cigadung. Itu untuk mempermudah akses wisatawan juga," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: