Yuk Cobain 7 Jenis Kopi Terbaik Asli Indonesia Berikut Ini! Wajib untuk Para Pecinta Kopi

Yuk Cobain 7 Jenis Kopi Terbaik Asli Indonesia Berikut Ini! Wajib untuk Para Pecinta Kopi

jenis kopi asli Indonesia-Foto via Pinterest (Biji Kopi Kintamani Bali)-radarkuningan.disway.id

RADARKUNINGAN.COM - Indonesia dikenal sebagai salah satu produsen kopi terbaik di dunia dengan berbagai jenis biji kopi yang memiliki cita rasa khas.

Negara ini memiliki iklim tropis dan tanah yang subur, sehingga sangat ideal untuk perkebunan kopi. Berikut adalah beberapa jenis biji kopi asli Indonesia yang terkenal dengan kenikmatannya.

1. Kopi Arabika Gayo

Kopi Arabika Gayo berasal dari dataran tinggi Gayo di Aceh. Kopi ini dikenal dengan aroma yang kuat dan rasa yang kompleks.

Karakteristik utamanya adalah tingkat keasaman yang seimbang dengan rasa manis yang alami. Kopi Gayo sering memiliki aroma floral dengan sedikit sentuhan rasa buah-buahan.

BACA JUGA:Ini Dia Resep Lengkap Es Kopi yang Nikmat dan Mudah Dibuat di Rumah, Cocok untuk Nemenin Liburan

2. Kopi Toraja

Kopi Toraja berasal dari daerah Sulawesi Selatan, tepatnya di pegunungan Toraja. Kopi ini memiliki cita rasa yang kaya dan kompleks dengan rasa earthy yang khas.

Kopi Toraja sering kali memiliki aftertaste yang manis dan sedikit spicy. Proses pengolahan yang tradisional menjadikan kopi ini sangat dihargai di pasar internasional.

3. Kopi Luwak

Kopi Luwak adalah salah satu kopi termahal di dunia yang berasal dari Indonesia. Kopi ini diproses secara unik melalui pencernaan musang (luwak).

Biji kopi yang dimakan oleh luwak akan difermentasi secara alami di dalam perutnya, kemudian dikeluarkan bersama kotorannya. Biji kopi ini kemudian dibersihkan dan diproses lebih lanjut. Kopi Luwak terkenal dengan rasa yang halus dan aroma yang kuat.

BACA JUGA:4 Cara Menggunakan Bubuk Kopi untuk Mengusir Kecoak dari Rumah, Siapkan Perangkapnya untuk Menjebak Mereka!

4. Kopi Jawa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: