Menakar Peluang Sidang CAS Maarten Paes Kapan Selesai, Masih Keburu Sampai September atau Tidak?

Menakar Peluang Sidang CAS Maarten Paes Kapan Selesai, Masih Keburu Sampai September atau Tidak?

Maarten Paes -Instagram @maartenpaes-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Mari menakar kira-kira peluang sidang CAS Maarten Paes kapan selesai, apakah masih keburu sampai September atau malah tidak?

Seperti yang sudah diketahui bahwa kiper FC Dallas yang ingin membela tim nasional sepak bola Indonesia mengalami masalah, dan imbasnya ia tak bisa membela skuad Shin Tae-yong

Timnas Indonesia sudah dipastikan lolos ke babak putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia zona Asia 2026, kepastian ini didapat setelah skuad Shin Tae-yong mengalahkan Filipina

Wajar saja jika Shin Tae-yong ingin menambah amunisi baru, guna untuk memperkuat Timnas Indonesia, termasuk lini belakang penjaga gawang. Namun sayangnya ada hal yang mengganjal di lini belakang.

BACA JUGA:Celah Statuta FIFA Pasal 9 Ayat 2, Maarten Paes Bisa Bela Skuad Garuda, Ini Penjelasannya

Maarten Paes memang sudah menjalani proses naturalisasi, dirinya disumpah menjadi WNI di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta pada April lalu. Namun sayangnya naturalisasi Paes tak berjalan lancar seperti yang lain.

Paes mengalami masalah, sehingga masalah tersebut dibawa ke Court Of Arbitration for Sport (CAS) alias Pengadilan Arbitrase Olahraga yang memang spesialisasi mengatasi masalah terkait sengketa atau gugatan di sepakbola. 

Masalah Paes memang sudah sampai ke CAS, guna membuat kepastian akan proses naturalisasi Paes, akan tetapi jadwal sidang CAS terkait masalah Paes belum ada kepastian.

CAS tengah merilis jadwal sidang untuk periode Juni hingga Juli, namun sayangnya tak ada satupun nama Maarten Paes, inilah yang menjadi kecemasan akankah Paes bisa dimainkan di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia?

BACA JUGA:Naturalisasi Maarten Paes Langgar Statuta FIFA Pasal 9 Ayat 2, Begini Isinya

Seperti yang sudah diketahui, dikutip dari laman resmi CAS, biasanya untuk satu kasus yang dibawa ke meja Pengadilan Arbitrase Olahraga, itu memakan waktu 6 hingga 12 bulan.

Asumsi jika masalah Paes baru diurus di bulan Agustus, sedangkan babak putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia dimulai September, jadi apa mungkin cukup satu bulan masalah sidang arbitrase Paes selesai?

Tentu tidak, karena masalah seperti ini pasti butuh waktu untuk penyelesaiannya, maka tak heran jika 6 bulan baru selesai, karena ini bukan masalah mudah.

"Prosedur biasa berlangsung antara 6 dan 12 bulan. Untuk prosedur banding, putusan harus diucapkan dalam waktu tiga bulan setelah penyerahan berkas kepada Panel." Seperti inilah proses CAS dalam mengatasi suatu persidangan, butuh prosedur dan memakan waktu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: