Lahir di Nijmegen Belanda, Maarten Paes Keturunan Siapa? Kok Bisa Naturalisasi Jadi WNI?

Lahir di Nijmegen Belanda, Maarten Paes Keturunan Siapa? Kok Bisa Naturalisasi Jadi WNI?

Maarten Paes keturunan siapa, sang nenek lahir di Kecamatan Pare, Kota Kediri, Jawa Timur saat Perang Dunia II.-Maarten Paes - tangkapan layar Instagram-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Maarten Paes adalah pemain naturalisasi terbaru yang sudah mengambil sumpah menjadi WNI. Keturunan Indonesia dari siapa?

Sebenarnya tidak ada darah Indonesia mengalir di tubuh Maarten Paes. Kiper FC Dallas itu, ayah - ibu maupun kakek - nenek merupakan keturunan Belanda.

Meski demikian, penjaga gawang kelahiran Kota Nijmegen, Belanda, 14 Mei 1998, ternyata masih memiliki hubungan dengan Indonesia.

Nenek dari Maarten Paes lahir di Kecamatan Pare, Kota Kediri, Jawa Timur, semasa pemerintahan Hindia - Belanda.

BACA JUGA:5 Tradisi Unik Idul Adha di Kuningan: Semarak Kebersamaan dan Kearifan Lokal

Kedatangan sang nenek ke Indonesia, terjadi karena Perang Dunia II. Maarten menyebutkan, leluhurnya itu sebagai korban peperangan yang melarikan diri ke Indonesia.

Selama tinggal di Indonesia, keluarga Paes mengalami penderitaan. Mereka tinggal di kamp isolasi. Di tempat itulah buyutnya atau ibu dari neneknya meninggal dunia.

Karenanya, kesempatan membela Timnas Indonesia tidak disia-siakan oleh Paes. Bahkan di laman resmi FC Dallas, dia mengaku faktor historis menjadi alasan yang sangat kuat.

"Jadi, itulah mengapa ini (naturalisasi) seperti sebuah penghormatan untuknya (buyut)," kata Maarten menambahkan.

BACA JUGA:4 Pemain Lokal Berlabel Timnas yang Bakal Merapat ke Persib: Menguatkan Skuad Maung Bandung Menuju Juara?

Selain lahir di Kediri, nenek penjaga gawang jangkung itu, sempat tinggal selama 5-6 tahun di Kamp Spanyol - Jepang.

"(Nenek saya) lahir di sana, tinggal di sana selama lima, enam tahun. Lalu, ada Perang Dunia II pecah dan kemudian selama beberapa tahun dia berada di kamp-kamp Spanyol-Jepang," katanya.

Setelah periode itu, barulah keluarga Paes kembali ke Belanda. Mereka menumpang kapal.

Perjalanan keluarga Paes itulah yang membuatnya merasa punya kedekatan historis dengan Indonesia, meski bukan keturunan langsung dan tidak memiliki darah WNI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: