Biaya Sidang Maarten Paes di CAS Tembus Hingga Miliaran Rupiah, Apa Ini Jadi Penyebab Sulitnya Kasus Paes?

Biaya Sidang Maarten Paes di CAS Tembus Hingga Miliaran Rupiah, Apa Ini Jadi Penyebab Sulitnya Kasus Paes?

Maarten Paes -Instagram @maartenpaes-radarkuningan.com

RADARKUNINGAN.COM - Maarten Paes belum kunjung membela Timnas Indonesia, dirinya masih terganjal karena tersandung kasus yang mewajibkan nya untuk diselesaikan di Court of Arbitration for Sport. 

Sekadar informasi, bahwa Court of Arbitration for Sport (CAS) atau bahasa Indonesia nya adalah Pengadilan Arbitrase Olahraga Internasional, merupakan suatu lembaga independen khusus yang menangani banyak kasus, terutama perihal sepakbola di level Internasional

Maarten Paes sendiri terganjal oleh kasus yang mengharuskan dirinya untuk disidang di CAS, karena ini ada sangkutannya dengan Statuta FIFA pasal 9 ayat 2c, yang menjadi masalah utama buat Paes.

Terlebih lagi, menurut pengamat sepakbola senior tanah air, yaitu Haris Pardede. Beliau membeberkan fakta bahwa sidang Paes di CAS untuk biaya yang dikeluarkan oleh PSSI, nominal nya ngga main-main, tembus hingga miliaran rupiah!

BACA JUGA:Ini Dia 5 Wisata Terpopuler di Kuningan, No. 1 Sarae Land Telah Dibuka Sejak 2023 Lalu! Bikin Liburan Asik Yu

Haris Pardede, atau yang kerap disapa Bung Harpa, dirinya mengungkapkan bahwa jika PSSI berniat mengeluarkan biaya untuk Paes di CAS, maka besaran biaya nya adalah sekitar 1 Juta/2 Juta USD atau setara dengan Rp16 Miliar sampai Rp32 Miliar rupiah. 

Biaya yang dikeluarkan ini benar-benar bukan perihal nominal yang kecil, jika sudah menyentuh angka miliaran rupiah, berarti tidak mudah untuk menyelesaikannya.

Lanjut, Bung Harpa juga menjelaskan bahwa biaya 16 Miliar hingga 32 Miliar tersebut belum termasuk ongkos, baik untuk pengacara, maupun akomodasi lainnya seperti transportasi. 

Jadi, apakah demikian dengan biaya hingga Miliar rupiah untuk menyelesaikan kasus sidang Paes di CAS, ini jadi hambatan dan cukup menyulitkan, sehingga Paes tak kunjung membela Timnas Indonesia?

BACA JUGA:SULIT! Jadwal Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Pertama Arab Saudi, Petentuan Ketemu Jepang

Biaya untuk mempertaruhkan Paes di CAS bukanlah hal yang mudah dan murah. Terlebih lagi, kasus sidang Maarten Paes di CAS belum ada kelanjutannya, karena dari bulan Juni sampai Juli, nama Paes tak ada di agenda sidang CAS. 

"Mungkin buat Erick Thohir ataupun PSSI (biaya Paes) tidak mahal, yakni dari 1 hingga 2 juta USD. Saya juga baru tahu dan mendapatkan informasi ini dari sumber yang kredibel,” kata Bung Harpa, seperti yang dikutip dari channel YouTube Bung Harpa. 

“Bayangkan bagaimana PSSI berjuang (untuk kasus Paes), terkhusus bapak Erick Thohir. Walaupun nanti pembayarannya (mungkin) dari uang kas PSSI, ini adalah langkah, supaya tim nasional bisa berjaya karena Maarten Paes bisa memperkuat Timnas Indonesia" tegas Bung Harpa. 

Jadi, PSSI sebenarnya punya kemungkinan untuk menyelesaikan biaya yang harus digelontorkan untuk menyelesaikan sidang Paes di CAS, namun langkah-langkah nya belum dipastikan untuk kedepannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: