Kenapa Apple Intelligence Cuma Ada di iPhone 15 Pro? Simak Selengkapnya

Kenapa Apple Intelligence Cuma Ada di iPhone 15 Pro? Simak Selengkapnya

Apple Intelligence pada dasarnya adalah jenis AI yang berjalan secara asli di iPhone atau Mac.--Valentina Anastacio - Tangkapan Layar

RADARKUNINGAN.COM - Ketika Apple mengumumkan Apple Intelligence di Worldwide Developer Conference (WWDC) minggu lalu, dikatakan bahwa serangkaian fitur AI hanya akan berfungsi di iPhone 15 Pro dan Pro Max.

Apple Intelligence juga hanya tersedia di iPad dan Mac dengan chip seri M. Hal ini tampaknya diterima dengan baik oleh banyak pengguna.

Tidak sedikit yang mengkritik Apple karena sengaja membatasi Apple Intelligence pada perangkat yang lebih baru untuk meningkatkan penjualan.

Namun, Apple kini telah mengklarifikasi mengapa serangkaian fitur AI, sebagai bagian dari Apple Intelligence, terbatas pada perangkat yang lebih baru.

BACA JUGA:Apakah iPhone 11 Masih Layak Pakai di Tahun 2024?

John Giannandrea, wakil presiden senior Apple untuk pembelajaran mesin dan strategi AI, menyatakan bahwa alasan Apple Intelligence hanya bisa digunakan di seri iPhone 15 Pro karena biaya yang dibutuhkan sangat mahal.

Pernyataan tersebut ia sampaikan di salah satu talk show di WWDC saat ditanyakan oleh John Gruber dari Daring Fireball.  

Meskipun Apple Intelligence dapat dijalankan pada iPhone lama yang kurang bertenaga, kecepatannya tidak akan cukup. 

Lebih lanjut, kapasitas RAM dan NPU yang besar menjadi kunci untuk menjalankan Apple Intelligence.

BACA JUGA:Masih Sering Dilalaikan! Ini 4 Hal yang Wajib Diperhatikan Ketika Memandikan Kitten atau Anak Kucing

Pihak Apple mengatakan bahwa kompatibilitas Apple Intelligence bergantung pada "banyak dimensi sistem", dan bahwa "RAM adalah salah satunya."

Apple Intelligence, bukanlah aplikasi atau chatbot seperti ChatGPT. Sebaliknya, ini adalah lapisan kecerdasan buatan terintegrasi yang tertanam dalam sistem operasi versi terbaru Apple.

Apple Intelligence pada dasarnya adalah jenis AI yang berjalan secara asli di iPhone atau Mac.

Karena dijalankan di perangkat, maka teknologi memerlukan banyak daya pemrosesan. Ini sebabnya hanya perangkat Apple tertentu yang dapat menjalankannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: