Ketahui, PSSI Kenalkan Shakti, Maskot Baru Timnas Sepak Bola Indonesia

Ketahui, PSSI Kenalkan Shakti, Maskot Baru Timnas Sepak Bola Indonesia

nilai-nilai positif yang sengaja ditonjolkan dalam desain maskot "Shakti" dapat menginspirasi masyarakat untuk bersatu dan terus membangkitkan semangat nasionalisme.--rri.co.id - Tangkapan Layar

BACA JUGA:Performa Timnas Indonesia Semakin Garang dan Jadi Panutan Negara Asia Tenggara, Malaysia Ingin Copy Paste?

Sementara itu, desain motif pada kedua mata "Shakti" terinspirasi dari salah satu bentuk wayang kulit yang disebut Netra Thelengan.

Berbeda pula dengan desain motif paruh yang adalah corak ragam hiasan songket, Pucuak Rabuang, khas Minang dan daerah Sumatera.

Tidak ketinggalan, motif pada kedua sisi kepala “Shakti,” dijelaskan bahwa desainnya memamerkan corak batik khas Yogyakarta dan Solo yang dikenal dengan nama Batik Gurdo.

Tahukah kamu? Motif ini memiliki makna sebagai simbol kekuatan.Dengan demikian, maskot baru “Shakti” karya Is Yuniarto mendapat penilaian paling unggul hingga berhasil terpilih sebagai representasi Timnas Sepak Bola Indonesia. Mengesankan.

BACA JUGA:Media Vietnam Soroti Kekalahan Thailand atas Indonesia Pada Ajang Piala AFF U-19, Netizen: 'Akhirnya Diakui'

Dirancang dengan sedemikian rupa, Is Yuniarto menjelaskan bahwa maskot baru Timnas Sepak Bola Indonesia merupakan simbol identitas berbagai wilayah Indonesia.

Maka dari itu, desainnya memang melibatkan berbagai corak budaya dari daerah-daerah di Indonesia.

Dari situlah, “Shakti” diharapkan dapat hadir bukan sekadar sebagai maskor yang menarik, tetapi sebagai perwakilan dari semangat juang dan keberagaman bangsa Indonesia dalam tradisi Nusantara, usaha, kekuatan, optimisme, dan nilai-nilai Indonesia yang bersahaja.

Dengan begitu, nilai-nilai positif yang sengaja ditonjolkan dalam desain maskot "Shakti" dapat menginspirasi masyarakat untuk bersatu dan terus membangkitkan semangat nasionalisme.

BACA JUGA:Langganan Kebakaran Hutan di Gunung Ciremai, Akses dan Sumber Air Jadi Kendala Pemadaman

Sungguh makna dan tujuan yang sarat akan nilai-nilai terpuji, bukan?

Semoga setiap detail desain yang dipadupadankan dengan harapan positif bagi Indonesia dan dunia sepak bola Indonesia ini dapat senantiasa dirasakan dan hidup untuk perubahan positif. Semoga bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkuningan.com