Biografi Sultan Iskandar Muda, Pengusir Portugis dari Tanah Rencong, Simak Penjelasannya

Biografi Sultan Iskandar Muda, Pengusir Portugis dari Tanah Rencong, Simak Penjelasannya

Usai dinobatkan sebagai Sultan, Iskandar Muda langsung menyusun strategi untuk mengusir penjajah Portugis.--Anri go.id - Tangkapan Layar

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hp Android Terbaik 2024 dengan Harga Terjangkau, Mulai Rp 3 Jutaan!

Lalu, menyusul Johor di tahun 1613. Kemudian, berturut-turut ia menaklukan Bintan, Pahang, Kedah dan Nias. Khusus untuk wilayah Nias, ditaklukkan oleh Iskandar Muda pada tahun 1624-1625. .

Dengan begitu, Iskandar Muda sekaligus memperluas wilayah kekuasaannya dan terbentang dari sebagian besar pantai barat dan pantai timur Sumatera.

Kutaraja yang kini dikenal dengan nama Banda Aceh adalah area transit yang jadi penghubung perdagangan dengan dunia barat. 

Selanjutnya, Di saat kerajaan lain bersedia menerapkan strategi negosiasi dengan penjajah.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hp Android dengan Kamera Terbaik, Cocok Buat yang Suka Ngonten

Sultan Iskandar Muda tak takut menerapkan strategi berkonfrontasi dan melakukan serangan terbuka.

Ia memimpin peperangan melawan Portugis pada 1615 hingga 1629. Pada serangan pertama di tahun 1615, Sultan Iskandar Muda mengalami kekalahan.

Tetapi, ia tidak menyerah dan kembali bangkit menyusun kekuatan. Ia kemudian melakukan serangan lanjutan di tahun 1629. Akibat serangan bertubi-tubi, pasukan Portugis sempat terkepung dan hampir saja menyerah.

Namun, Portugis mendapatkan bantuan dari wilayah lain seperti Johor, Pahang, Patani, Goa, dan India.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Hp Android dengan Kamera Terbaik, Cocok Buat yang Suka Ngonten

Padahal, dulunya wilayah itu sempat dikuasai oleh Aceh, tetapi berhasil diambil alih oleh pasukan Portugis. Serangan Sultan Iskandar Muda berhasil dipatahkan.

Usai mengalami kegagalan untuk kali kedua, ia memilih fokus untuk menata kondisi di dalam kerajaannya. Salah satunya, ia membuat peraturan yang menjamin kesejahteraan rakyat. Semoga bermanfaat ya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radarkuningan.com