Kuwait vs Indonesia, Nova Arianto Tekankan Potensi Provokasi Tuan Rumah

Kuwait vs Indonesia, Nova Arianto Tekankan Potensi Provokasi Tuan Rumah

Pelatih Timnas Indonesia U17, Nova Arianto memberikan instruksi dalam latihan jelang menghadapi Kuwait di Kualifikasi Piala Asia U17 2025.-PSSI -

BACA JUGA:Kunci Sukses Atlet Versi Indra Sjafri: 80 Persen Mental dan Spiritual Simak

"Dari sisi kondisi fisik, para pemain sangat bugar untuk menghadapi pertandingan besok," jelasnya.

Di sisi lain, pelatih berkepala plontos tersebut berharap anak asuhnya bisa menerapkan instruksi yang telah diberikan selama latihan.

"Saya berharap mereka bisa memahami apa yang telah kami rencanakan dan tampil dengan performa terbaik agar kami bisa meraih hasil positif melawan Kuwait," ujar Nova, Selasa, 22 Oktober 2024.

Sementara itu, Jelang pertandingan melawan Timnas Kuwait U17, Timnas Indonesia U17 mendapat gangguan dari tuan rumah.

Dalam latihan terakhir yang digelar, lapangan yang digunakan oleh Timnas Indonesia U17 ternyata bersebelahan dengan latihan yang dilakukan oleh Timnas Kuwait U15.

Kondisi tersebut membuat tidak nyaman para pemain Timnas Indonesia U17 dan juga pelatih Nova Arianto yang tengah menyusun strategi.

"Kita (Timnas U17) sedang latihan, dan waktunya kita melakukan official training. Saya pikir kalau sedang melakukan official training dan kita akan fokus ke taktikal, seharusnya tidak ada Timnas yang bersebelahan dengan lapangan latihan kita," kata Nova Arianto dikutip dari akun Vivagoal.

Dengan adanya 'gangguan' tersebut, menu latihan yang semula untuk menerapkan taktikal, harus diganti secara mendadak.

“Tetapi, itu terjadi dan kita tidak bisa melakukan taktikal. Rencana apa yang kita buat, termasuk set-piece karena sebelah ada Kuwait kelahiran 2009 U-15).”

Entah kebetulan atau disengaja, Nova Arianto merasa dirugikan. Persiapan Timnas U-17 menuju pertandingan menjadi kurang maksimal.

Namun Nova Arianto mencoba berpikir selangkah ke depan. Ia meminta Zahaby Gholy dan kawan-kawan untuk tetap fokus dan terpengaruh dengan situasi ini.

"Mau tidak mau kita mengubah (latihan), yang seharusnya kita masuk ke taktikal diubah dengan menjaga intensitas latihan saja agar pemain bisa bugar besok," tambahnya.

Namun begitu, Nova tidak ingin kondisi tersebut menjadi alasan bagi timnya untuk berlatih secara maksimal.

"Saya juga meminta kepada para pemain tetap fokus dan konsentrasi dengan apa pun yang terjadi. Kerugian yang didapat tim kita, saya pikir itu tidak menjadi alasan untuk kita untuk pertandingan nanti," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: