Dianggarkan Rp32 Miliar dari Gubernur Ridwan Kamil, Jalan Provinsi di Kuningan Bakal Mulus

Dianggarkan Rp32 Miliar dari Gubernur Ridwan Kamil, Jalan Provinsi di Kuningan Bakal Mulus

Ruas jalan provinsi, Pakembangan-Linggarjati mendapat rehab hotmik yang anggarannya berasal dari Pemprov Jawa Barat. (Agus Sugiarto) --

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Tahun ini, Pemkab Kuningan menganggarkan Rp32 miliar untuk rehab jalan. Anggaran tersebut berasal dari Bantuan Keuangan Provinsi Jawa Barat.
 
Dengan anggaran sebesar itu, ada 12 ruas jalan provinsi yang ada di Kabupaten Kuningan diproyeksikan mendapat rehab yang pengerjaannya sedang dilakukan.
 
 
Perbaikan sarana infrastruktur vital ini dilakukan pemerintah menyambut arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023. Bahkan pada minggu pertama di bulan puasa ini, dinas teknis mulai melakukan penambalan pada ruas-ruas jalan berlubang.
 
Untuk jalan kabupaten sendiri tercatat 50 ruas yang mendapatkan alokasi anggaran perbaikan. Ruas jalan ini tersebar di seluruh Kuningan.
 
Kabid Bina Marga pada Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, Tedy Sukmajayadi mengatakan, 12 kegiatan dari Pemprov Jabar tersebar di sejumlah titik jalan provinsi. Seluruhnya yakni rehab jalan dengan total anggaran mencapai Rp 32 miliar.
 
 
“Rehab jalan yang sumber anggarannya dari bantuan provinsi seluruhnya diperuntukkan bagi jalan provinsi. Lokasinya tersebar di 12 titik dengan anggaran Rp 32 miliar. Misalkan untuk menunjang kemacetan Cigugur arah Palutungan. Mudah-mudahan Cipari-Cisantana segera dikerjakan,” papar Tedy, Kamis 30 Maret 2023.
 
Kemudian untuk ruas jalan kabupaten, Tedy menerangkan, penanganan jalur Lebaran, seizin pimpinan pihaknya sudah menyampaikan konsep dan program penanganan jalur lebaran. 
 
 
"Agar kegiatan ini bisa segera berjalan, kami dari Dinas PUTR sudah menyampaikan surat ke Pokja Pengadaan Barang dan Jasa untuk rencana melaksanakan lelang dalam waktu dekat ini,” kata Tedy.
 
Tak hanya itu, jika tim survei juga tengah melakukan tahap finalisasi ruas-ruas yang akan menunjang sebagian jalur Lebaran.
 
Kemudian jika kondisi anggaran tahun 2023, Bupati Acep juga sudah menginstruksikan ke PUTR, untuk segera melaksanakan perbaikan jalan-jalan yang menunjang jalur mudik lebaran. Khususnya paling diutamakan yakni jalan-jalan yang bersumber dari APBD Provinsi Jabar.
 
 
“Sebab saat ini ada 12 ruas kegiatan, yang bersumber dari Bantuan Keuangan Provinsi. Kemudian sisanya ada dari APBD Kabupaten beberapa ruas jalan, dan pemeliharaan rutin di sejumlah titik jalan,” sebut Tedy.
 
Selanjutnya jika anggaran kabupaten mendukung, lanjutnya, maka di pekan pertama bulan puasa berencana akan memulai pekerjaan perbaikan ruas jalan. Tentunya untuk menambal ruas-ruas jalan yang berlubang.
 
 
Sementara Bupati Kuningan, H Acep Purnama SH MH menuturkan, jika kondisi jalan rusak akan segera diperbaiki, karena tahap lelang sudah dilaksanakan. 
 
“Sebetulnya kita kan bisa memperbaiki, tapi hanya karena waktu yang begitu cepat, lelang sudah, sekarang tinggal realisasi. Paling tidak untuk ruas jalan yang akan diperbaiki, sudah ada persiapan-persiapan,” tutur bupati.
 
 
Acep berharap, minimal sudah ada pembangunan tahap awal. Karena untuk sampai tuntas sampai menjelang lebaran itu tidak mungkin selesai. Bupati juga mengaku sudah mengontrol beberapa ruas jalan yang mengalami kerusakan akibat musim hujan. Salahsatunya ruas Cipasung-Subang 
 
“Saya kemarin kontrol di ruas Cipasung-Subang, itu di luar dugaan karena curah hujan yang begitu tinggi, jadi tingkat kerusakan itu cepat sekali. Tapi nanti ada tahap awal untuk perbaikan jalan. Prinsip kami tentu ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat,” pungkas orang kuat di Kuningan tersebut. (Agus)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: