HEBAT, Masuk Kawasan Rebana, Jalan Cipasung-Subang Digelontor 27 Miliar dari Dana Inpres

HEBAT, Masuk Kawasan Rebana, Jalan Cipasung-Subang Digelontor 27 Miliar dari Dana Inpres

Kabid Bina Marga pada Dinas PUTR Kabupaten Kuningan, Teddy Sukmajayadi. (Agus Sugiarto)--

KUNINGAN, RADARKUNINGAN.COM- Banyak jalan menuju Roma. Itulah peribahasa yang layak disematkan kepada Pemkab Kuningan. Meski APBD Kuningan bisa disebut defisit dan PAD minim, tapi soal ambisi membangun infrastruktur sangat tinggi.

Berbagai infrastruktur terutama jaringan jalan menjadi skala prioritas pemerintah daerah. Caranya dengan melakukan lobi ke pemerintah provinsi dan pusat.

BACA JUGA:TERANCAM PUTUS, Tebing Tanjakan Karangmangu Jalintim Kuningan Longsor, Kementrian PUPR Langsung Kirim Pekerja

BACA JUGA:Target 12 Kursi, Daftar Tanggal 12, Hari Ini Giliran PAN Kuningan Angkut 50 Bacaleg ke Kantor KPU

Itu dibuktikan dengan pembangunan jalan lingkar selatan (JLTS), jalan lingkar barat Cigugur-Cisantana dan peningkatan serta pelebaran ruas jalan Cipasung sampai Subang.
 
Untuk JLTS, pembebasan lahan mengalami kemajuan besar. Satu per satu, wilayah yang lahannya akan digunakan badan jalan JLTS sudah berhasil dituntaskan.
 
Kabid Bina Marga pada Dinas PUTR Kuningan, Teddy Sukmayadi optimistis pembangunan ruas jalan lingkar timur selatan akan bisa diwujudkan.
 
 
 
Saat ini, progresnya cukup menggembirakan karena mendapat dukungan dari pemerintah pusat. 
 
Bahkan ajuan anggaran pembangunan JLTS ke pemerintah pusat, sudah diakomodir dan tinggal menunggu persetujuan dari kementrian bersangkutan.
 
"Alhamdulillah perkembangan untuk anggaran pembangunan JLTS sangat menggembirakan. Pemerintah pusat sangat mendukung rencana ini," kata Teddy kepada radarkuningan.com.
 
 
 
Menurut Teddy, pemerintah pusat menganggarkan untuk pembangunan JLTS sebesar Rp410 miliar. Angka ini mengalami kenaikan dari sebelumnya yang Rp300 miliaran.
 
"Tinggal fokus ke pembebasan lahannya. Untuk anggaran fisik jalan, berasal dari pusat. Insya Allah rencana ini akan berjalan lancar," ujar Teddy, Jumat 12 Mei 2023.
 
Selain JLTS, sambung Teddy, pihaknya juga sedang fokus dan berjuang agar anggaran dari Instruksi Presiden atau Inpres untuk ruas jalan Cigugur-Cisantana dan Cipasung-Subang bisa segera turun dari pusat.
 
 
 
Alokasi anggaran Inpres untuk ruas Cigugur-Cisantana sebesar Rp23 miliar dan Cipasung sampai Subang sebanyak Rp27 miliar.
 
Teddy merinci, dengan anggaran Rp23 miliar dari dana Inpres nanti, maka tak hanya badan jalan saja yang rampung melainkan juga sistem drainasenya.
 
"Lebar jalannya 6 meter dan dilengkapi saluran air sepanjang ruas jalan tersebut. Sedangkan lahannya selebar 12 meter. Masih ada dua meteran kiri dan kanan jalan," terang dia.
 
 
 
Dan yang juga tak kalah pentingnya yakni peningkatan dan pelebaran ruas jalan dari Cipasung sampai Subang. Kedua ruas jalan ini sudah masuk skala prioritas pemerintah pusat karena termasuk kawasan Rebana.
 
"Cipasung-Subang dianggarkan Rp27 miliar dari dana Inpres. Mudah-mudahan bulan Juni nanti sudah bisa tender," pungkas Teddy. (Agus)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: